Mitsubishi Triton Rally Siap Tempur Di Ajang Asia Cross Country Rally

2 November 2022 | 8:01 am | Rizky Dermawan

Mitsubishi Ralliart telah melakukan pengujian mobil reli Triton sejauh 1.100 kilometer.

Tim Mitsubishi Ralliart tengah bersiap untuk berkompetisi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) dengan dukungan teknis dari Mitsubishi Motors. Rencananya, tim asal Indonesia akan segera berangkat awal bulan ini untuk menyusun strategi matang terkait kesiapannya di ajang AXCR 2022, yang akan berjalan dari 21 hingga 26 November di Thailand dan Kamboja.

Tim Mitsubishi Ralliart, Rifat Sungkar (Indonesia), pemenang Indonesian Sprint Rally Championship, dan Chayapon Yotha (Thailand), pemenang Thailand Autocross Championship, akan mengendarai dua mobil reli Triton di kategori Grup T1 (prototipe kendaraan lintas alam) dan bersaing untuk posisi yang lebih tinggi. Sementara Sakchai Hantrakul (Thailand) akan bersiap dengan mobil ketiga, sebuah Triton sebagai mobil pendukung.

Tim Mitsubishi Ralliart pun melakukan pengujian mobil reli Triton sejauh 1.100 km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park di Kanchanaburi, di barat Thailand, dari 29 hingga 31 Agustus lalu. Dengan mengurangi bobot dan meningkatkan settingan output mesin berhasil meningkatkan kesempurnaan berkendara dan gesit di jalur berkelok. Selain itu, dual damper baru berhasil meningkatkan kinerja dan berkontribusi meningkatkan stabilitas dan ketangguhan berkendara di jalan yang kasar.

Untuk itu, hari ini, Selasa (1/10), PT MMKSI mengajak para awak media untuk bertemu langsung dengan Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI, Tetsuro Tsuchida, Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI, Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI dan Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia sekaligus mewakili tim Mitsubishi Ralliart tentang kesiapannya menjelang ajang endurance ini.

Baca juga :  MMKSI Punya Strategi Apa Untuk Penetrasi Pasar di 2024?

AXCR mirip dengan reli Paris Dakar

Rifat Sungkar menceritakan sedikit tentang kemenangannya bersama Mitsubishi Xpander AP4 yang sukses menarik perhatian global dan juga seorang Hiroshi Masuoka. Tahun ini Rifat juga merasa yakin kembalinya Mitsubishi di ajang AXCR menjadi pacuan untuknya dalam meraih mimpi yang kini menjadi kenyataan dengan bergabung di dalam tim.

Dengan jarak tempuh sejauh 1.700 kilometer, reli ini tentu akan mirip seperti Paris Dakar versi Asia. Rifat sendiri memiliki niat dan harapan besar dalam meraih posisi juara. Ia juga yakin akan daya tahan dan kinerja terbaik dari mobil reli Triton yang siap melumat jalur ekstrim pada balap ini.

Rifat percaya jika kecepatan bukanlah segalanya dalam kompetisi reli. Untuk menang, penting untuk memaksimalkan rasa persatuan antara pengemudi dan mobil reli, dan mengendalikan tempo secara fleksibel antara akselerasi dan deselerasi. Saat ditanya tentang tantangan untuknya karena belum melakukan survei jalur, Rifat menjelaskan bahwa dirinya merupakan pendatang baru yang akan mencoba reli ketahanan ini.

“Ekspektasinya begini, ada baiknya kami ikut di tahun ini, karena AXCR biasanya akan mengalami cuaca hujan yang mengakibatkan mobil kandas hingga harus ditarik traktor. Menyebrangi sungai hingga setengah mobil mungkin sudah biasa buat pembalap lainnya, namun tidak biasa untuk saya. Antisipasinya harus siapkan fisik, strategi matang hingga level of trust yang harus dibangun bersama co-driver. Intinya, biarkan pembalap lain tahu, Mitsubishi siap untuk full attack,” tutupnya.

Baca juga :  Mazda BT-50 Hanya Sedikit Bersolek Untuk Tahun 2024

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x