Mitsubishi XFC Concept Diduga Sudah Ada Wujud Aslinya!

17 February 2023 | 8:51 pm | Rizky Dermawan

Beri kejutan! PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan Mitsubishi XFC Concept, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Kemayoran Jakarta.

XFC Concept lebih dulu diluncurkan di Ho Chi Minh City, Vietnam pada 19 Oktober 2022 lalu. sepertinya mobil ini memang tengah memasuki masa perkenalannya untuk mengisi slot segmen compact SUV khusus di pasar otomotif negara kawasan ASEAN, termasuk Indonesia. 

Yang mengejutkan adalah, beberapa sumber kami mengatakan Mitsubishi sebetulnya sudah menyiapkan bentuk yang lebih ‘production friendly’. Lebih mengejutkan lagi, bukan seperti digosipkan sebelumnya, versi produksi XFC akan mengisi segmen compact SUV sekelas Hyundai Creta, Honda HR-V.

Ini segmen baru yang akan dirambah oleh Mitsubishi. Karena itu, konsep XFC akan berperan sebagai ‘pembuka jalan’ untuk mengumumkan kehadiran mobil yang sama sekali baru. Prototype SUV tersebut, diperkirakan siap sekitar akhir tahun ini. 

Desain Atraktif

Tapi mari fokus dulu pada mobil yang ada di halaman ini. Filosofi desain “Robust & Ingenious” dari Mitsubishi Motors diusung pada kemasan eksterior XFC Concept. Ini menggabungkan sejumlah elemen desain dari berbagai model mobil Mitsubishi terkini.

Bisa terlihat dari headlamp dan lampu belakang LED, spion yang telah tergantikan oleh kamera, plus pipa exhaust hexagon serta grille bertema Dynamic Shield dicuplik dari berbagai model mobil seperti Triton, Xpander dan Xpander Cross, EVO-X, Outlander, Pajero Sport hingga ASX.

Baca juga :  Gazoo Racing: Tidak Ada EV Dalam Rencana Kami!

Di bagian interior, kami lihat konsep XFC berikan kenyamanan yang baik di kelasnya. Selain itu menawarkan konsep interior yang smart dan quality comfort dengan teknologi pintar. Menggunakan material berkualitas tinggi, dilengkapi dengan teknologi canggih, layar digital dan layar 13 inci. Ini salah satu fitur yang ditawarkan XFC Concept.

Dan sebagaimana umumnya sebuah konsep desain, tampilan eksterior (dan juga kemasan interior) XFC Concept yang terlihat semi futuristik dan modern. Ini pasti masih akan mengalami revisi saat resmi masuk jalur produksi.

Platform Yang Mana?

Terkait rancang bangun dari XFC Concept, maka muncul pertanyaan paling mendasar. Platform dan mesin apa yang akan digunakan oleh calon compact SUV terbaru ini? Tersemat empat mode berkendara seperti Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Mode Wet diperkenalkan pertama oleh Mitsubishi Motors, untuk menyesuaikan dengan struktur jalan di ASEAN pada umumnya.

Ditilik dari mode berkendara yang disematkan tadi, diperkirakan mobil ini akan memiliki ground clearance yang cukup tinggi seperti halnya Xpander Cross yang berpenggerak FWD. Apakah akan menggunakan platform Lancer lagi seperti Xpander dan ASX/Outlander Sport?

Jikalau memang benar adanya, maka besar kemungkinan XFC akan memiliki wheelbase 2.775 mm dan tinggi di kisaran 1.695 – 1.750 mm alias ukuran dimensinya tak jauh berbeda dari Xpander maupun Xpander Cross.

Ada kemungkinan mobil ini akan diproduksi di Dĩ An, Bình Dương, Vietnam (Mitsubishi Motors Vietnam) atau bahkan di Indonesia yang merupakan basis manufaktur dari Xpander dan Xpander Cross untuk kawasan ASEAN. Namun seperti halnya Xpander dan Xpander Cross, akankah mobil ini juga bakal melanglang buana ke pasar global?

Baca juga :  Indonesia Jadi Basis Rantai Pasok Mobil Listrik GAC Aion Untuk Global

Kami perlu sedikit bersabar untuk menanti jawaban dari misteri jatidiri XFC Concept yang belum terungkap, terutama perihal spesifikasi detil dan label nama apakah yang bakal disematkan pada versi produksi dari mobil ini. Anda memiliki ide nama yang cocok untuk mobil ini?

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x