Mitsubishi XForce Hanya Berbekal Fitur Esensial

17 August 2023 | 10:37 pm | Rizky Dermawan

Genap sepekan sudah Mitsubishi XForce tampil di GIIAS 2023. Tampilan compact SUV made in Indonesia ini berhasil memikat hati masyarakat di Tanah Air.

Bahkan mobil ini dilengkapi 4 pilihan mode berkendara yakni Normal, Mud, Gravel dan Wet yang diklaim disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Mode berkendara yang mengingatkan kami pada SUV kelas atas seperti Porsche Cayenne, Lamborghini Urus dan Range Rover.

Namun sebagai mobil edisi perdana, tentunya XForce tak luput dari kekurangan. Salah satunya yakni sistem bantu dan keselamatan berkendara ADAS (Advance Driver Assistance System) tak selengkap rival di kelasnya. Seperti apa sebenarnya konten fitur berkendara yang dimiliki XForce?

ADAS Yang Esensial

Di jajaran kompetitornya seperti Honda HR-V, Hyundai Creta, Toyota Yaris Cross, dan Wuling Alvez telah dibekali fitur keselamatan berkendara terpadu yang canggih dan lebih lengkap.

Sedangkan konten fitur yang dimiliki Mitsubishi XForce dianggap nanggung. Pada unit model yang resmi dipasarkan saat ini telah dilengkapi dengan 4 airbag yang terpasang di kabin bagian depan.

Sementara untuk sistem ADAS yang dibekalkan pada XForce hanya fitur Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert dan Tire Pressure Monitoring System.

Namun ternyata pada salah satu XForce yang dipajang di booth Mitsubishi sudah dilengkapi sistem ADAS yang lebih lengkap. Sejumlah fitur yang ditambahkan antara lain Forward Collision Mitigation, Adaptive Cruise Control, Lead Car Departure Notification, Automatic High Beam, dan Lane Change Assist.

Baca juga :  Motomobi News Karnaval 2024: Puluhan Mobil Terjual Dalam Dua Hari!

Tak hanya dibekali 4 airbag, tapi terdapat dua airbag tambahan pada bagian pilar. Sehingga jumlah airbag yang terpasang ada 6 buah. Nah, hanya saja unit dengan fitur lebih lengkap ini baru sebatas mobil demo dan riset. Belum resmi dipasarkan.

Berkaitan dengan konten fitur berkendara ADAS dan airbag, pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyatakan bahwa fitur ADAS yang dibekalkan saat ini hanya fitur yang benar-benar esensial dan paling sering digunakan.

Untuk varian XForce dengan fitur ADAS yang lebih lengkap, rencananya baru akan diluncurkan tahun depan.

Tanpa Panoramic Sunroof

Nah, satu hal lagi yang nihil dari daftar konten fitur Mitsubishi XForce ini adalah sunroof panoramic.

Untuk hal yang satu ini memang tak terlalu penting maupun berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Lebih mengarah pada fitur pendongkrak estetika dan aura kemewahan, namun ampuh sebagai magnet pemikat konsumen untuk membeli mobil.

Bukan tanpa alasan, menurut Seiji Watanabe, Division General Manager, Design Division, Mitsubishi Motors Corporation, absennya atap kaca ini demi menghemat bobot. Kami setuju dengan absennya benda itu. Sunroof atau panoramic roof kadang fungsinya hanya sebagai aksesoris yang akan merepotkan seiring berjalannya waktu. Namun ia juga mengatakan tidak menutup kemungkinan ke depannya akan ada varian dengan atap kaca.

Apakah konten extra dalam daftar fitur ADAS, airbag dan juga panoramic sunroof bakal jadi amunisi untuk varian baru dari Mitsubishi XForce di kemudian hari? Mungkin saja.

Baca juga :  Wiper Buatan Bosch Dukung Keselamatan Berkendara

Pasalnya, Indonesia bukanlah satu-satunya kolam tempat XForce berenang. Mobil ini nantinya juga bakal dipasarkan di sejumlah negara lainnya. Spek dan konten fitur yang dibekalkan tentu saja berbeda.

Apakah masih berminat untuk membeli Mitsubishi XForce dengan segala kekurangan yang ada saat ini? Atau masih ingin menunggu versi konten yang jauh lebih lengkap? Pilihan ada pada para konsumen.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x