Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Hybrid Menguak Tabirnya!

1 February 2024 | 12:00 pm | Aldi Prihaditama

Hari ini (01/02/2024), Mitsubishi Motors Corporation melakukan debut global Xpander dan Xpander Cross versi hybrid (Hybrid Electric Vehicle). MPV unggulan Mitsubishi ini diperkenalkan dan langsung dijual di Thailand. Keduanya diproduksi di fasilitas Laem Chabang Mitsubishi Motors (Thailand) Co., Ltd.

Xpander HEV dan Xpander Cross HEV dikatakan menghadirkan aspek elektrifikasi serta teknologi kendali pada semua roda. Sistem HEV menghadirkan pengalaman berkendara ramah lingkungan yang unik. Active Yaw Control dan teknologi pengaturan kendali, melengkapi berkendara yang aman sesuai keinginan pengemudi.

Pengendalian optimal

Mitsubishi juga menyiapkan berbagai mode berkendara memberikan pengendalian yang optimal di berbagai medan dan  cuaca. Selain itu, pengemudi dapat secara aktif memilih berkendara EV sesuai situasi.

Sistem HEV baru ini dikembangkan untuk menghadirkan fitur berkendara EV, hybrid dan dibekali sistem pengereman regeneratif. Efisiensi bahan bakar dihasilkan melalui kinerja sistem secara otomatis, karena mampu beralih ke mode berkendara optimal. Sesuai kondisi berkendara dan sisa daya baterai.

Mitsubishi Xpander Hybrid

Sekarang didukung mesin MIVEC 1.6 liter

Sistem HEV baru menghadirkan akselerasi mulus namun bertenaga selayaknya kendaraan listrik. Generator dan motor elektrik dengan output maksimum 85 kW (setara 113 hp). Dipadukan mesin bensin baru berteknologi MIVEC 1.6 liter DOHC Atkinson-cycle. Bersama dengan baterai penggerak yang dikembangkan secara khusus. 

Baca juga :  Apakah Lexus LBX Morizo RR Bakal Masuk Jalur Produksi?

Demi mencapai tingkat efisiensi pembakaran yang lebih tinggi, pertama kalinya Mitusbishi Motors menggunakan pompa air (water pump) elektris pertama pada mesin buatannya. Gunanya, menjaga dan mempercepat pencapaian suhu mesin optimal. Hal ini diklaim mampu meningkatkan penghematan bahan bakar mesin sekitar 10 persen.

Xpander Cross Hybrid

Konstruksi bodi disesuaikan

Mengakomodir sistem HEV, baterai penggerak diposisikan di bawah lantai jok depan. Sehingga MPV ini tetap memiliki kabin yang lapang untuk tujuh penumpang. Lantai kompartemen mesin dan sekitar baterai telah diubah. Konstruksi crossmember depan dimodifikasi untuk memberikan untuk perlindungan serta meningkatkan kekokohan bodi. Settingan suspensi pun disesuaikan demi menghasilkan stabilitas pengendalian, sekaligus tetap memberikan kenyamanan berkendara.

Identitas HEV terlihat pada grille dan pintu bagasi. Sedangkan emblem HYBRID EV disematkan di pintu depan. Tentu saja ada aksen warna biru yang bertebaran di banyak titik eksterior. Ada warna bodi baru untuk Mitsubishi Xpander hybrid ini, yakni White Diamond. Khusus untuk Xpander Cross Hybrid tersedia juga warna Green Bronze Metallic.

3.3 3 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x