Mobil Balap Hypercar Ferrari 499P Siap Berlaga Di Le Mans

7 November 2022 | 10:30 am | Rizky Dermawan

Setelah lima dekade absen, tim balap Ferrari kini siap berlaga kembali di ajang balap ketahanan Le Mans. Mobil balap Le Mans Hypercar, Ferrari 499P merupakan mobil yang dikembangkan selama beberapa tahun terakhir oleh para perancang di Maranello.

Tidak tanggung-tanggung, Ferrari 499P akan diterjunkan di kelas LMH yang jauh lebih leluasa dalam hal pengembangan teknologi yang digunakan dibandingkan dengan kelas LMDh. Tentu saja, biaya operasional dan pengembangan di kelas LMH berkali lipat lebih besar dibanding LMDh.

Ini karena di kelas LMDh, tim balap hanya boleh menggunakan sasis yang dipasok oleh Dallara, Multimatic, Ligier, atau Oreca. Selain itu, tidak diperkenankan menggunakan penggerak AWD dan sistem hybrid. Lain halnya dengan di kelas LMH, Ferrari bebas mengembangkan sasis pada mobil balapnya. Selain itu, 499P dibekali dengan sistem hybrid dan penggerak four-wheel drive.

Tim desain dan pengembangan mobil balap GT Ferrari yang dipimpin oleh Ferdinando Cannizzo mengaplikasikan beragam teknologi balap GT dan F1 tuntuk Ferrari 499P, termasuk chassis dan perangkat aerodinamika.

Ferrari 499P mengusung penggerak V6 twin-turbocharged berkapasitas 2.992-cc bertenaga 670 hp. Diadopsi dari basis mesin Ferrari 296 GT3. Sedangkan sistem hybrid yang terpasang pada poros roda depan memanfaatkan motor listrik. Ditenagai oleh baterai bertegangan 900 V dengan sistem pengisian daya mandiri Energy Recovery System (ERS), yang memanfaatkan energi regeneratif dari pengereman dan deselerasi. Untuk perpindahan gigi dan penerus daya ke roda belakang, mobil ini mengadopsi transmisi sekuensial 7-speed Xtrac.

Baca juga :  Promo Mitsubishi Xforce, Cara Mujarab Menggaet Konsumen

Ajang balap ketahanan 24 Hours of Le Mans di sirkuit Le Sarthe, Perancis akan berlangsung pada Juni 2023 mendatang. Sebagai sesi uji coba dan pemanasan sekaligus debut balap perdana, Ferrari 499P akan tampil di sirkuit Sebring International Raceway, Florida dalam kejuaraan balap ketahanan 1000 Miles of Sebring yang akan berlangsung pada Maret 2023 mendatang.

Welcome back to Le Mans, Ferrari..

 

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x