Mobil Listrik Lokal Dominasi Auto Guangzhou 2022

31 December 2022 | 6:00 pm | Rizky Dermawan

Sempat tertunda, event Auto Guangzhou 2022 resmi dibuka. Otoritas pemerintah setempat memperketat aturan protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19 selama event berlangsung.

Pameran otomotif ketiga terbesar di China yang sebutan resminya adalah Guangzhou International Automobile Exhibition 2022 ini berlangsung mulai 30 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 mendatang.

Venue pameran yang berlokasi di China Import and Export Fair Pazhou Complex di kota Guangzhou, China arealnya cukup luas yakni 220.000 meter persegi.

Peserta pameran didominasi oleh brand dalam negeri serta pabrikan asing yang menjadi mitra manufaktur dari industri domestik China. Mayoritas produk yang ditampilkan pun merupakan konsumsi pasar domestik RRC.

Pasar kendaraan listrik di China kian tumbuh pesat. Yang paling diminati adalah mobil listrik berukuran kecil. Desain yang unik serta memikat adalah faktor nomor sekian. Alasan utamanya tentu saja harga yang murah dan terjangkau.

Sementara untuk mobil listrik yang dibekali dengan fitur teknologi lebih lengkap diminati kalangan konsumen yang telah mapan dari segi finansial.

Industri Otomotif China Genjot Teknologi EV

Menggunakan produk dalam negeri merupakan kebanggaan bagi rakyat di Negeri Tirai Bambu. Selain itu, pihak pemerintah pun menggenjot industri teknologi dan  manufaktur mobil listrik. Mulai dari baterai hingga produk kendaraan sebagian besar digarap secara mandiri oleh industri manufaktur lokal.

Baca juga :  Puluhan Karyawan Mall di Kaltim Dapat Motor Yamaha Baru

Industri manufaktur sebagai bagian dari program padat karya yang dapat membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya bagi warganegara China telah sukses dijalankan selama hampir 100 tahun.

Event pameran Auto Guangzhou 2022 tak sekadar menjadi etalase dan ruang pamer dari produk dalam negeri RRC khususnya mobil listrik, namun juga menjadi barometer perkembangan teknologi antar pabrikan.

Nah, berikut kami hadirkan sejumlah produk dalam negeri RRC yang menjadi bagian dari visi kendaraan bebas emisi di China.

JIDU, perusahaan patungan antara Baidu dan Geely, meluncurkan 2 mobil listrik yakni ROBO-01 (versi standard) dan ROBO-02 (versi coupe).

Setelah sukses menampilkan Concept -M pada 2021 lalu, Hycan kini kembali hadir dengan memperkenalkan MPV bertenaga listrik perdana mereka yakni V09 yang dilengkapi sistem pengisian daya baterai bertegangan 800 V.

Anak usaha dari Geely’ Motors yakni Zeekr pada event kali ini tak hanya memamerkan Zeekr 001 dan 009, tapi juga konsep mobil listrik M-Vision yang rencananya akan diproduksi pada tahun 2024 mendatang.

BYD yang pada Agustus 2022 lalu meluncurkan Denza D9 PHEV, kali ini memboyong versi EV dari mobil Denza D9 Mobil listrik berbasis platform E 3.0 dari BYD ini dibekali motor listrik 8-in-1 serta baterai Blade dengan usia pakai 600 km dan diklaim mampu menjelajah sejauh 230 km dengan kapasitas daya baterai 55%. Pengisian daya baterai dengan fast charger 166 kW dari kapasitas daya 30% hingga mencapai 80% butuh waktu sekira 30 menit.

Baca juga :  Honda Racing Indonesia Unggul di Putaran Dua Kejurnas ISSOM

Salah satu prosusen SUV asal China, Great Wall Motor via sub-brand nya yakni TANK menghadirkan SUV terbarunya, TANK 500 PHEV yang  mewah. Tak ketinggalan mid-size SUV TANK 300 Cyberknight. Diproduksi bersama antara TANK dan CYBERSPACE. 

WEY, anak usaha dari Great Wall Motor, merilis SUV PHEV perdana mereka, WEY 80. Mesin 1.5 liter Turbo dipadukan dengan motor hybrid dan baterai ternary lithium. Berdasarkan standar WLTC, daya jelajah pada mode EV mampu mencapai 180 km. Sedangkan pada mode hybrid, mobil ini diklaim mampu menjelajah hingga 1.200 km. Irit sekali. 

Kemitraan Brand Asing Dan Industri Lokal China

Kemitraan manufaktur brand asal Jepang dan industri lokal RRC telah terjalin cukup lama. Salah satunya adalah GAC-Mitsubishi yang tahun ini meluncurkan new Outlander spek China yang dipasarkan di kisaran 169.800 –  229.800 yuan. Sedangkan pikap Mitsubishi L200 pada event ini dipasarkan dengan harga promo di kisaran 270.000 – 300.000 yuan.

Sementara, GAC-Toyota tahun ini  memperkenalkan teknologi mesin hybrid terbaru yang bakal diproduksi pada tahun 2023. Tentunya sederet mesin hybrid tersebut tak hanya diprioritaskan untuk pasar domestik RRC.

Model compact crossover teranyar dari FAW-Toyota yakni new SportCross yang dinantikan pun akhirnya diluncurkan dalam 2 variant model. Masing-masing variant dibanderol seharga 369.000 dan 429.000 yuan.

Tidak ketinggalan, Dongfeng-Honda sebagai salah satu dominator segmen SUV di RRC pun tak mau kalah dengan menghadirkan sederet mobil teranyar mereka.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x