Mobil Terakhir Ratu Elizabeth II: Bukan Mercedes-Benz Biasa

12 September 2022 | 1:38 pm | Indra Alfarisy

Mobil terakhir sang ratu yang dibuat oleh perusahaan karoseri. Tetap mewah dan berkelas. 

Kalau Anda suka mobil dan memperhatikan prosesi duka Kerajaan Inggris, yang baru saja kehilangan Ratu Elizabeth II, pasti langsung memperhatikan mobil jenazah yang digunakan. Dilihat dari kamera helikopter, terlihat ini adalah Mercedes-Benz dari generasi W212 yang dipanjangkan. Inilah kendaraan terakhir sang Ratu.

Mobil jenazah ratu Elizabeth II, tidak sembarangan. Namanya Binz H4, buatan ahli karoseri Binz asal Jerman. Nama ini memang dikenal sebagai penghasil ambulance dan kereta anumerta yang tidak sembarangan. Perusahaan berbasis di kota Lorch, Jerman ini sudah berdiri sejak 1936. Awalnya, membuat kereta kuda yang diperuntukan untuk mengangkut jenazah.

Tahun 1950, mereka mulai bekerja sama dengan Mercedes-Benz. Produk pertamanya berbasis W191 alias Mercy Kentang. Bukan sebagai pengangkut tapi merubah versi sedan menjadi estate (station wagon). Tidak lama mereka membuat ambulans berbasis van W136. Kemudian saat salah satu orang kaya Amerika minta dibuatkan versi lebih mewah dari W186, Mercedes-Benz mengontak Binz. Kerjasama ini terus bergulir hingga sekarang.

Soal BINZ H4

Khusus untuk pengangkut jenzah Ratu Elizabeth II, pemerintah Inggris memesan Binz H4 yang merupakan versi W212 station wagon yang dipanjangkan. Mobil ini dibuat oleh Binz antara 2009-2016. Pintunya tetap empat seperti pada versi wagon biasa. Bagian belakangnya adalah dek sepanjang 2.800 mm. Panjang total jadi 5.999mm atau 1.104 mm lebih panjang.

Baca juga :  Deretan Mobil Dan Motor Baru Yang Akan Muncul di IIMS 2024

Atap belakangnya juga ditinggikan 750 mm, lengkap dengan jendela besar di atas dan samping kiri-kanan. Dengan begitu, tinggi W212 wagon ini sekarang 1.920 mm. Atau 446 lebih tinggi dari versi biasa, dengan mesin diesel. 

Meski ini bikinan karoseri, tapi pembuatannya tidak main-main. Bukan asal nambah chassis yang dilas kemudian dijual. Material yang digunakan untuk tambahan ruang di belakang, menggunakan bahan yang sama seperti Mercedes-Benz W212 yang standar. Yang menyediakan bahan juga sama seperti supplier metal Mercedes. Jadi bisa dipastikan kualitasnya adalah standar pabrikan Stuttgart itu.

Proses pembuatan dimulai dari pemesanan melalui Binz, diteruskan ke Mercedes-Benz. Kemudian pabrik akan menyediakan bahannya: Mercedes-Benz S212 (kode untuk W212 wagon) lengkap dengan mesin, interior, juga air suspension. Gedung 42, begitu nama pusat perakitan Binz disebut, kemudian memasang apa saja yang diperlukan untuk jadi kereta anumerta.

Kalau Anda punya bisnis pemakaman, mungkin mobil ini bisa jadi pilihan. Tapi Anda harus pesan langsung ke Binz. Dan sekarang mereka sudah menjual Binz H2, berbasis W213 dengan pilihan mesin diesel (220d) atau varian plugin hybrid. Mereka juga menyediakan mobil jenazah berbasis Tesla Model S! 

Indra Alfarisy

 

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x