Mugen Garap Lagi Honda Civic Type R, Akan Jadi Mugen RR Baru?

23 December 2022 | 11:54 am | Indra Alfarisy

Honda Civic Type R terbaru (FL5) ini sepertinya banyak disukai dan laku di seantero global. Tentu ini membuat para tuner gatal untuk menggarap Civic Type R dan menelurkan versi mereka sendiri. Termasuk Mugen.

Ya, Mugen yang merupakan tuner resmi tapi tidak satu atap dengan Honda, untuk kedua kalinya akan memodifikasi Honda Civic Type R. Kalau Anda ingat, saat generasi Civic FD2 Mugen pernah membuat Honda Civic Mugen RR? Ini terjadi tahun 2007 lalu. Warnanya hanya satu, Milano Red (merah). Jumlahnya juga sangat terbatas, hanya 300 unit. Beberapa mendarat di Indonesia.

Honda Civic Type R Mugen RR

Saat itu, Type R dibongkar mesinnya. Dipasangkan cam, knalpot dan ECU baru racikan Mugen. Transmisinya tetap manual 6-speed. Akibat modifikasi itu, Mugen RR ketambahan tenaga hingga 15 hp menjadi 237 hp. Torsi puncak 218 Nm. Bobotnya dipangkas menjadi 1.255 kg, berkat penggunaan kap mesin aluminium dan bemper serat karbon. Tidak lupa tambahan pelek buatan Mugen yang lebih ringan.

Interiornya dibuat beda dengan Civic Type R biasa. Ada jok Recaro SP-X dan logo Mugen di beberapa tempat.

Meluncur Januari 2023

Civic Type R 2023

Perlakuan yang sama diprediksi akan dilakukan untuk Type R FL5. Mugen belum mengeluarkan spesifikasinya, karena baru akan diperlihatkan pada publik saat gelaran Tokyo Auto Salon 2023, Januari mendatang.

Baca juga :  Optimisme Pertamina Enduro VR46 MotoGP Team

Sebagai gambaran, Honda Civic Type R FL5 terbaru memiliki mesin dengan daya hingga 330 hp yang dihasilkan oleh mesin empat silinder 2.0 liter. Lengkap dengan turbocharger tentunya. Bukan mau mendahului, tapi pasti menyenangkan kalau, melihat sebelumnya, versi Mugen RR akan lebih brutal dari itu.

Pertanyaannya, seberapa jauh Mugen akan menggarap Type R baru ini? Itu yang kami juga tidak sabar menunggu pengumumannya.

Sumber

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x