Nissan Fairlady Z Terbaru Akan Punya Varian Nismo?

26 September 2022 | 11:40 am | Indra Alfarisy

Nissan Fairlady Z sedang ‘hot’. Nissan sudah siapkan versi yang (mungkin) lebih kencang. 

Kehadiran Nissan Fairlady Z generasi terbaru memang bikin heboh. Begitu antusiasnya pasar, sampai Nissan harus berhenti menerima order karena kapasitas produksinya sudah penuh. Hasilnya, inden menumpuk. Tapi, rupanya ada satu varian lagi yang sedang disiapkan.

Juli lalu tersebar foto Nissan Fairlady Z berkamuflase yang sedang diuji. Kemungkinan besar di Amerika Serikat. Tapi kedok yang digunakan masih menandai adanya bagian tambahan macam aerokit di mobil itu. Kami jadi ingat Fairlady Z Customized Proto, yang muncul di Tokyo Auto Salon, Januari lalu.

Waktu itu, Nissan Fairlady Z Customized Proto hanya dijadikan bahan untuk ‘studi’, siapa tahu perlu. Selain sebagai mobil mengenang kejayaan mobil balap Nissan Z432R. Dan kami juga tidak terlalu tertarik mencari info lebih dalam. Sekarang sepertinya sedang jadi bahan pengujian. Dan kami jadi lebih mengamati.

Ada beberapa teori yang kami dapatkan dari beberapa sumber terdekat. Pertama, ini model facelift, yang kami tidak percaya karena terlalu dekat jaraknya dengan perkenalan perdana tahun lalu. Kedua adalah, Nissan Z Customized Proto akan dijadikan produk masa, dengan emblem Nismo.

Nah, yang kedua itu lebih masuk akal. Ini bisa diperkuat dengan kehadiran gambar paten Nissan Z dengan bemper dan grill yang lebih agresif di otoritas Jepang. Grill depan tidak menganga macam ikan pari, tapi dibelah dua. Bagian bawah bemper juga terlihat lebih agresif. Ditambah ducktail di buritan yang sepertinya khusus untuk mobil ini saja.

Baca juga :  Rolls-Royce Phantom, Cullinan Dirilis Dalam Edisi Year of The Dragon

Mesin dan kakinya masih diselubungi oleh Nissan, Kami tidak akan kaget kalau ada peningkatan performa di semua sektor. Tentunya dengan menggunakan penggerak dan suspensi yang sudah ada. Mesin akan tetap menggunakan VR30DDTT (V6, 3.0 liter Twin Turbo) yang bertenaga 405 hp di varian standar. Ditambah ECU khusus buatan Nismo.

Kakinya akan peranti penguat chassis macam strut bar, damper performa tinggi. Dan tidak perlu terkejut juga kalau ternyata nanti imbuhan yang ada di mobil ‘Nismo Z’ ini bisa didapat dalam bentuk paketan aksesoris.

Kapan meluncur? Kemungkinan sekitar semester kedua tahun depan. Itu kalau inden yang panjang tadi sudah terpenuhi semua. Kalau tidak, ya mundur lagi. 

Indra A. 

Photo

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x