Nissan Safari Rally Z Pakai Dandanan Datsun 240Z Versi Reli

31 October 2023 | 6:53 pm | Aldi Prihaditama

Nissan adalah salah satu brand otomotif terkenal yang punya segudang pengalaman di dunia motorsport global. Bagi car enthusiast, terutama penggila Nissan dan Datsun, tentu ingat betul sosok mobil reli Datsun 240Z yang pernah menjuarai event East African Safari Rally di tahun 1971. Seiring dengan gelaran Specialty Equipment Market Association (SEMA) Show 2023, maka Nissan memamerkan unit Safari Rally Z Tribute dengan gaya mobil reli 240Z legendaris.

Penampilannya serupa

Nissan Safari Rally Z Tribute akan berada di SEMA Show 2023, yang diadakan pada 31 Oktober hingga 3 November di Las Vegas Convention Center, Las Vegas, Amerika Serikat. Mobil ini tidak tampil sendirian, sebab ditemani juga dengan satu unit replika reli Datsun 240Z Safari. Meski usianya terpaut sangat jauh, namun ‘garis darah’ antara kedua mobil tersebut terlihat jelas. Apalagi Nissan sengaja mendandani keduanya dengan penampilan yang serupa.

Nissan Z generasi ketujuh tak hanya disukai sebagai mobil sport yang dapat digunakan sehari-hari saja, namun juga memiliki potensi yang besar saat berada di trek balap. Oleh karenanya, ‘DNA’ motorsport masih tetap dipertahankan. Selain siluet bodi yang masih terlihat senada, Nissan juga masih ingin mengisi kap depannya dengan mesin enam silinder.

Sentuhan Tommy Pike

Tampilan gahar ala mobil reli pada Nissan Z merupakan hasil modifikasi dari Tommy Pike dan sejumlah timnya. Sentuhan modifikasi berfokus pada aspek suspensi, penambahan komponen pencahayaan, termasuk sektor mesin, agar performanya meningkat. Langkah upgrade tersebut membuat mobil sport ini mumpuni di jalanan aspal maupun rute berdebu.

Baca juga :  Arista Serahkan Mesin Buat SMKN 1 Bangkinang

Tommy Pike menggabungkan komponen suspensi buatan KW Safari pesanan khusus dan sejumlah produk lansiran NISMO. Hasilnya ketinggian mobil pun meningkat hingga 5 cm, sehingga ruang fender dapat dijejali velg NISMO Safari berdiameter 17 inci, yang dibalut ban Yokohama Geolandar M/T G003.

Output lebih dari 400 hp

Untuk melindungi bagian mesin dan komponen pada chassis, maka dipasang bumper guard di bagian depan serta skid plate. Sejumlah lampu LED tambahan buatan NISMO Off Road pun bertengger pada moncong Nissan Z. Masuk ke interior, roll bar berdesain khusus tak luput untuk dipasang. Sedangkan joknya menggunakan Recaro Pole Position dengan sabuk pengaman empat titik.

Nissan Safari Rally Z Tribute menggunakan mesin VR30DDTT racikan AMS Performance, sehingga menghasilkan output lebih dari 400 hp. Mesin ini dipadukan dengan sistem gas buang NISMO Track cat-back, cold air intake, tutup mesin bermaterial serat karbon, coolant expansion tank, heat exchanger, kopling twin-plate, serta flywheel yang lebih ringan.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x