Perodua Axia Resmi Mengaspal di Malaysia

14 February 2023 | 12:44 pm | Aldi Prihaditama

Hari ini (14/02/23), Perodua Axia generasi kedua mulai dipasarkan secara luas di Malaysia, seperti yang sudah diketahui sebelumnya, mobil ini mengusung platform baru, interior lebih segar, serta sistem penggerak yang lebih modern. Memang ‘saudara sedarahnya’ di Indonesia, Toyota Agya, sudah diperkenalkan kemarin, namun belum dijual. Lain halnya Perodua Axia, mobil ini langsung dijual seiring momen peluncurannya.

Axia ternyata sudah diproduksi di pabrik Perodua di kawasan Rawang, Malaysia, sejak bulan lalu. Mobil kompak ini menganut platform Daihatsu New Global Architecture (D-NGA), bersama dengan Perodua Ativa dan Perodua Alza.

Secara fisik, Axia memiliki panjang bodi 3.760 mm, lebar bodi 1.665 mm, serta wheelbase 2.525 mm. Ketiga angka-angka ini memang terlihat meningkat dari Axia generasi sebelumnya, bodinya 1.15 mm lebih panjang, 45 mm lebih lebar, dan wheelbase memanjang sekitar 70 mm.

Lebih Ergonomis Dari Generasi Sebelumnya

Ternyata tidak berhenti sampai di situ, bodi Perodua Axia juga lebih pendek 15 mm (tinggi bodinya 1.495 mm) dan lebih rendah 20 mm (ground clearance-nya 150 mm). Karena ukuran wheelbase bertambah, tentu membuat ruang kaki penumpang menjadi semakin lapang. Lebih lanjut, aspek ergonomis semakin disempurnakan. Sebut saja posisi duduk dan sudut kemiringan setir semakin optimal, tata letak pedal lebih baik. Bahkan ruang bagasi juga menjadi lebih lega.

Baca juga :  VW Magotan, Passat Versi RRC Yang Bikin Iri Orang Eropa

Bukan berarti dimensi yang lebih besar membuat Axia ini jadi punya berat yang signifikan. Platform baru DNGA baru ini memang semakin kokoh, namun penambahan bobotnya tetap minimal. Peningkatannya hanya sekitar 30 kg, sehingga bobot total berada di 890 kg.

Pakai transmisi D-CVT

Urusan sumber tenaga, Perodua Axia mesin mempercayakan unit 1KR-VE 3 silinder dengan output 67 hp dan torsi maksimum 91 Nm. Namun transmisi otomatis 4-speed dilengser oleh transmisi Dual-Mode CVT, karena untuk meningkatkan efisiensi berkendara tanpa harus kompromi dengan performa yang dihasilkan oleh mesin 1.0 liter tersebut.

Perodua Axia baru yang memiliki kode internal D74A ini dipasarkan di Malaysia dengan empat varian trim, yakni G, X, SE, dan AV. Untuk harganya berkisar mulai dari RM38,600 (hampir Rp 135 juta) hingga RM49,500 (sekitar Rp 173 juta). Konsumen Malaysia dapat memilih warna Granite Grey, Lava Red, Glittering Silver, Ivory White (solid), dan Coral Blue. Warna Coral Blue menjadi warna andalan Perodua Axia baru ini. Perodua memberikan garansi selama lima tahun atau jarak tempuh 150 ribu km.

3.5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x