Peugeot 508 2023, Pembaruan Minimal, Teknologi Maksimal

28 February 2023 | 7:00 pm | Rizky Dermawan

Setelah dinanti cukup lama, Peugeot akhirnya merilis versi facelift dari 508 sedan dan 508 SW wagon untuk model tahun 2024. Pabrikan otomotif asal Perancis ini hanya sedikit memberi sentuhan peremajaan pada kosmetik eksterior dan interior.

Ubahan yang paling terlihat pada area eksterior pada desain headlamp LED Matrix yang kini bentuknya lebih tipis. Lampu DRL di bawah headlamp pun kini berubah desain dari lampu tunggal menjadi berjajar tiga.

Tampilan grille bagian bawah pun turut berubah bentuk. Tekukan pada ujung grille kini melengkung ke bawah dan tak lagi mengerucut ke atas. Peugeot pun menyematkan logo barunya pada grille.

Sentuhan ubahan pada bagian belakang tak terlalu kentara. Akan tetapi ternyata emblem Singa pada bagian tengah kini berganti dengan tulisan ‘Peugeot’.

Kemasan Interior Sedikit Bersolek

Area interior ikut disegarkan, meskipun hanya mendapat sedikit pulasan. Ini karena Peugeot lebih menekankan pada update fitur teknologi.

Tuas transmisi model lawas akhirnya berganti menjadi model kenop seperti yang ada di 208 dan 2008 sejak tahun lalu. Emblem pada setir pun kini telah menggunakan versi terbaru.

Layout interior i-Cockpit pada seluruh variant model 508 kini mengalami peningkatan. Layar infotaintment diperbesar menjadi 10-inci. Update software pun kini dapat dilakukan via OTA (over-the air). Tampilan sistem infotaintment pada layar dashboard juga dapat dikustomisasi.

Baca juga :  Persiapan Matang MB Club Ina Jelang Jambore Nasional ke-19

Panel instrument digital 12-inci di balik kemudi kini dilengkapi mode tampilan sistem navigasi, multimedia dan fitur bantu berkendara. Software fitur pengenalan suara pada 508 pun kini telah mengalami revisi.

Mesin Baru 1.2L Mild-hybrid Urung Dibekalkan

Sentuhan penyegaran yang dilakukan pada Peugeot 508 2023 memang tak sesuai prediksi para pecinta Peugeot. Salah satunya adalah mesin terbaru 1.2 liter mild-hybrid bertenaga 134 HP yang urung masuk dalam daftar opsi mesin 508. Padahal model facelift lainnya seperti  3008 dan 5008 telah dibekali dengan mesin ini. 

Pada varian termurah hanya memiliki opsi mesin bensin 3-silinder 1.2 liter atau mesin diesel 1.5 liter yang keduanya bertenaga 128 HP.  Berpenggerak FWD yang dibekali transmisi automatic 8-speed.

Bagi yang ingin naik level, tersedia dua variant plug-in hybrid berpenggerak FWD. Mesinnya 3-silinder 1.2 liter dengan pilihan tenaga 178 HP dan 222 HP. Keduanya dipadukan dengan motor listrik berdaya 81 kW (109 HP).

Untuk varian all-wheel drive hanya tersedia model 508 PSE (Peugeot Sport Engineered) Hybrid4. Mesin bensin 4-silinder 1.6 liter bertenaga 197 HP dipadukan dengan motor depan 109 HP dan motor belakang 11 HP. Output kombinasi hybrid 508 PSE menghasilkan tenaga 355 HP.

Modul charger 7.4 kW yang dapat mengisi ulang daya baterai dalam waktu 100 menit dibekalkan pada 508 PSE sebagai fitur standar. Untuk variant lainnya dilengkapi charger 3.7 kW sebagai fitur standar, namun dapat diupgrade ke versi 7.4 kW dengan biaya extra.

Baca juga :  Main Tanah Anti Deg-degan Bareng Subaru S-AWD dan X-Mode

Sayangnya pihak pabrikan belum mengumumkan berapa label harga terbaru Peugeot 508 facelift yang sedianya baru mulai tersedia pada Juni 2023 mendatang.

Meski demikian, untuk pasar Inggris dan Eropa diprediksi akan terjadi kenaikan harga pada seluruh varian, mulai dari trim entry level 508 Allure hingga varian termahal yakni 508 PSE SW.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x