Piaggio Group Resmikan Pabriknya di Indonesia

23 November 2022 | 6:33 pm | Indra Alfarisy

Piaggio Group, yang menaungi merek Vespa, Aprilia, Moto Guzzi dan Piaggio akhirnya resmi membuka pabriknya di Indonesia. Ini adalah pabrik ketiga di kawasan Asia setelah Vietnam dan China.

Diresmikan hari ini (23/11/2022), oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita beserta petinggi Piaggio. Lokasinya tidak jauh-jauh dari seputaran Cikarang, Jawa Barat. Tepatnya di kawasan industri Jababeka. Pabrik Piaggio ini menempati lahan seluas 55.000 meter persegi, dengan kapasitas produksi 10.000 unit per tahun.

Model yang dibuat, untuk fase awal ini, mereka akan fokus merakit model Vespa LX 125 i-get. Nantinya pasti akan lebih banyak yang dirakit di tempat tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin Aprilia, Piaggio atau Moto Guzzi juga akan dibuat di tempat ini. Tidak lupa, produk yang keluar dari perakitan Cikarang akan disebar untuk pasar Indonesia dulu.

Verspa LX rakitan Indonesia

Pabrik ini adalah perwujudan dari visi strategis yang pernah mereka ungkap tahun lalu. Chief Executive of Product and Global Strategy Piaggio Group, Michele Colaninno, juga menegaskan hal tersebut, “Pembukaan ini merupakan sebuah pernyataan dan acara penting bagi Grup. Hal ini menjadi salah satu tonggak pencapaian dalam melanjutkan visi Piaggio Group dalam memprioritaskan komitmen yang berpusat pada pelanggan di seluruh dunia dan juga di Asia.”

Pembukaan pabrik di Indonesia ini juga merupakan langkah ekspansi yang signifikan. Terutama untuk pengembangan di wilayah Asia. “Pabrik baru ini menunjukkan bahwa Piaggio Group berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman mobilitas premium ala Italia yang unik di Asia,” ujar Executive Vice President 2-wheelers Piaggio Asia Pacific, Gianluca Fiume.

Baca juga :  Suzuki Caravan Tour Berkeliling Jelang IIMS 2024

“Kami optimis pabrik baru Piaggio Group di Indonesia akan terus berkontribusi menyediakan solusi mobilitas premium Italia seraya memberikan pengalaman gaya hidup yang unik ke industri
otomotif Indonesia,” kata Country Head PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega.

Vespa batik edition

Bersamaan dengan peresmian pabrik baru tersebut, Piaggio Group mempersembahkan simbol
dedikasi dan komitmen terhadap pasar Indonesia melalui peluncuran Vespa Batik special
edition. Vespa Batik mewakili paduan yang membanggakan antara ikon budaya Italia yang
terkenal dan warisan kesenian Indonesia.

4 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x