Pirelli Diablo Supercorsa V4 Bawa Keunggulan WSBK

20 January 2023 | 7:00 pm | Aldi Prihaditama

Pirelli telah mengumumkan desain dari ban Diablo Supercorsa generasi keempat pada September 2022 silam dan di bulan Januari 2023 ini sudah bisa dibeli oleh khalayak luas. Ban ini tersedia dalam varian SP untuk penggunaan jalan raya dan varian SC untuk penggunaan di trek balap.

Pirelli Diablo Supercorsa V4 (V4 adalah generasi keempat) merupakan produk yang benar-benar baru, jika dibandingkan dengan Diablo Supercorsa V3. Baik secara desain telapak, kompon, struktur, hingga profil ban. Varian SC untuk kebutuhan balap dan varian SP untuk penggunaan keseharian, dikembangkan sesuai dengan karakter Pirelli yang mengunggulkan performa tinggi.

Ketika Pirelli memutuskan untuk menciptakan Diablo Supercorsa di tahun 2007, ide dan tujuannya memang spesifik, yakni menyuguhkan ban motor berperforma tinggi dengan menganut karakteristik dari dunia balap World Superbike Championship (WSBK). Karakter tersebut lalu dipadukan dengan proses produksi yang massal, sehingga ban ini tak hanya dapat digunakan para pembalap profesional saja, namun juga oleh pengendara motor secara luas.

Ban Diablo Supercorsa varian SC dan SP dikembangkan dan diuji oleh Pirelli dalam ajang FIM World Superbike Championship, yang mana ban tersebut juga dirancang sesuai masukan dari banyak para pembalap Superbike. Varian SC (atau Special Compound) merupakan ban khusus kebutuhan motorsport, yang dapat digunakan oleh para pembalap profesional maupun semi-profesional, hingga para pengguna motor saat event track day. Ban ini tersedia dalam beberapa jenis kompon.

Baca juga :  Kia Carnival Hybrid Ada di NJKB, Kenapa Tidak Meluncur Hari Ini?

Sedangkan untuk varian SP (atau Sport Production) menjadi ban motor dengan karakter sport untuk penggunaan jalan raya. Perbedaan utama dari varian SC dan SP ialah indeks kecepatan dan tidak sensitif dengan perubahan temperatur. Ban ini sesuai untuk pengendara motor yang menyukai ‘sport riding’, baik untuk sirkuit maupun di jalan aspal biasa.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x