Porsche 911 GT3 R Rennsport, Sarat Aura Nostalgia

5 October 2023 | 10:19 am | Rizky Dermawan

Event akbar Porsche Rennsport Reunion 7 di Sirkuit Laguna Seca pada 28 September-1 Oktober 2023 lalu begitu meriah. Para pecinta mobil balap Porsche dari seantero Amerika Serikat kumpul bareng di sini. Namun ada Porsche 911 GT3 yang terlihat spesial.

Bertepatan dengan 75 Tahun brand otomotif asal Stuttgart, Jerman ini diluncurkanlah sebuah mobil edisi istimewa, Porsche 911 GT3 R Rennsport. Seistimewa apa mobil 911 yang satu ini?

Reinkarnasi Mobil Balap Porsche 935/77

Sesuai imbuhan nama “Rennsport” yang dalam bahasa Jerman berarti mobil balap, mobil edisi khusus ini memang mobil spek balap.

Jangan terkecoh oleh label type mobil ini. Hanya kap depan dan atap saja yang diambil dari bodi mobil balap 911 GT3 R (992). Komponen panel bodi lainnya dibuat khusus. Desainnya terinspirasi dari mobil balap Brumos Porsche 935/77.

Desain bumper depan bentuknya lebih lebar dengan lubang air intake berukuran besar. Fender depan pun desainnya dirombak total. Kaca spion standar diganti dengan kamera.

Fender belakang yang gembung dan bahenol dengan lubang intake besar plus sayap spoiler belakangnya nampak identik seperti mobil balap Brumos Porsche 935/77.

Lampu belakang LED model garis yang terpasang melintang selebar bodi diimbuhi tulisan Porsche. Gaya tampilan retro pada mobil balap ini dipadukan dengan elemen desain mobil Porsche modern.

Baca juga :  Mudik 2024: H-4 Lalu Lintas Mulai Seru di Tol Jabodetabek Dan Jabar

Layout kokpit identik dengan mobil balap Porsche 911 GT3 R. Hanya saja terdapat perangkat tambahan. Mulai dari layar monitor untuk kamera belakang dan spion, lampu interior, dan tentu saja roll cage pelindung kokpit.

Untuk kemasan eksterior tersedia tujuh pilihan warna, termasuk Star Ruby dan Signal Orange. Tersedia pula opsi warna kustomisasi, termasuk Agate Grey Metallic dengan aksen serat karbon.

Mesin Spek Balap Diracik Ulang

Di buritan masih terpasang mesin boxer 6-silinder 4.2-liter bawaan mobil balap Porsche 911 GT3 R. Namun karena bukan untuk kompetisi balap, maka tuningnya lebih longgar dan tak terikat batasan homologasi regulasi balap.

Tak hanya sistem injeksi dan pompa serta filter bahan bakarnya saja yang disetting ulang. Komponen jeroan mesin seperti piston dan kem yang digunakan adalah parts custom racikan khusus. Rasio kompresi mesin ditingkatkan.

Sistem exhaust ‘standar balap’ diganti dengan desain yang dibuat khusus untuk mobil ini. Alunan suara “Blarrr…!” khas mobil balap Porsche yang dilantunkan akan membuat ketagihan memainkan pijakan pedal gas. Ya, hanya untuk mendengar suara knalpotnya…

Bisa Minum Ethanol

Output tenaga melonjak dari 612 hp jadi 620 hp yang dicapai pada 9.400 rpm. Rasio tenaga berbanding kubikasi sekitar 146 hp per liter. Mobil yang hanya boleh digunakan di trek balap ini pun bisa menenggak BBM Ethanol E25.

Baca juga :  BMW i4 dan 4 Series Gran Coupe Alami Pembugaran Luar Dalam

Penerus daya ke poros roda belakang menggunakan transmisi sequential constant-mesh 6-speed model “dog-drive”. Tuas paddle-shift membuat operan naik-turun gigi jadi lebih cepat dan praktis. Sistem penggerak RWD pada mobil ini khas mobil balap Porsche tulen.

Rasio gigi transmisi dan final drive diracik ulang sehingga top speed bertambah sekira 20 km/jam.

Untuk sasis dan suspensi tak berbeda dari mobil balap 911 GT3 R. Suspensi double wishbone dipadukan dengan shock breaker adjustable 5 tingkat lansiran KW Suspension.

Satu set ban Michelin Pilot Sport M S9 membalut velg balap berdesain khusus lansiran BBS. Sistem rem spek balap dipasok dari AP Racing.

Tak perlu khawatir kehabisan bensin saat sedang asyik melibas sirkuit balap. Mobil ini dibekali tangki BBM berkapasitas 117-liter. Dengan bobot 1.240 kg, rasio bobot berbanding tenaga sekira 2 kg per horsepower.

Seperti yang telah diduga, label harga mobil ini bikin jantung deg-degan. Mulai dari $1,046,000. Ya, kurang lebih sekira Rp 16,26 miliar untuk bisa memiliki satu dari 77 unit yang dibuat.

Apakah salah satunya ada yang bakal mampir ke Indonesia?

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x