Praga Bohema, Supercar Buatan Pabrik Truk Pengangkut Rudal

27 November 2022 | 12:00 pm | Rizky Dermawan

Anda pernah mendengar mobil merek Praga? Pabrikan otomotif asal Ceko yang didirikan sejak 1907 ini justru lebih kondang sebagai pembuat kendaraan militer ketimbang sebagai produsen kendaraan penumpang. Salah satunya adalah truk Praga V3S pengangkut Rocket Launcher 32 laras yang pernah digunakan oleh satuan Artileri TNI-AD.

Tak hanya membuat bus, truk dan mesin pesawat, tenyata Praga juga memproduksi mobil balap. Bahkan saat ini Praga berkolaborasi dengan tuner dan konstruktor mobil balap F1 asal Inggris, Lichtfield Motors dalam menggarap sebuah supercar berlabel Bohema. Coba lihat foto-foto di halaman ini. Bagaimana menurut Anda?

Mesin Praga Bohema

Konstruksi sasis dan body serat karbon yang diadopsi dari mobil balap F1 dipadukan dengan jantung Godzilla, ehmm…mesin Nissan GT-R.

Bongkahan mesin 3.8-liter, twin-turbo V6 bawaan Nissan GT-R dikirim langsung ke Inggris untuk diracik ulang. Agar dimensi mesin lebih ringkas dan blok dapat dipasang pada posisi lebih rendah, sirkulasi pelumasan mesin diganti menjadi jenis dry sump.

Seperangkat turbo racikan baru dan knalpot berbahan titanium digunakan untuk menghasilkan raungan yang lebih menggelegar.

Setting ulang pada mesin dan mapping ECU mesin berhasil mendongkrak tenaga maksimum menjadi 700 hp pada putaran 6.800 rpm. Torsi maksimum ikut terdongkrak menjadi 724 Nm pada putaran mesin menengah yakni di rentang 3.000 – 5.000 rpm.

Baca juga :  Turnamen Biliar Jadi Pemersatu Anggota Klub Mercedes-Benz

Transmisi semi-automatic sequential 6-speed lansiran Hewland dan mesin dipasang tersendiri pada rangka monokok serat karbon. Ini untuk mereduksi getaran agar tidak merembet ke dalam kokpit.

Diuji Romain Grosjean

Tak hanya menjalani uji aerodinamika di terowongan angin, mobil ini juga diuji di jalan raya dan sirkuit balap oleh Romain Grosjean, mantan pebalap F1 yang kini turun di balap IndyCar.

Hasilnya, mobil berbobot kurang dari satu ton ini hanya butuh 2.3 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam! Sementara untuk top speed, pihak pabrikan mematok di angka 299 km/jam. Hmm…cukup realistis untuk sebuah road legal supercar..

Menurut rencana, Praga hanya akan memproduksi 89 unit Bohema. Angka tersebut berkenaan dengan perayaan 89 tahun kemenangan mobil balap Praga Alfa di ajang balap jalan raya sejauh 1.000 mil (1.600 km) di Cekoslovakia pada tahun 1933.

Mobil yang akan diproduksi paling cepat pada pertengahan tahun 2023 mendatang, sudah dapat dipesan dari sekarang. Harganya mulai dari $1,31 juta (setara Rp 20 milyar).

Akan tetapi, mengingat penggarapan mobil ini terbilang rumit dan dilakukan secara hand-made, maka hanya 20-an unit Bohema yang akan dibuat setiap tahun. Para pemesan setidaknya harus menunggu 2-3 tahun hingga mobil mereka selesai dibuat.

Target pasarnya? Berbagai negara dengan pangsa pasar penggila supercar yang potensial seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Jepang, RRC, Hongkong…dan mungkin ada salah satu di antara kolektor supercar Indonesia yang berminat.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x