PT Honda Prospect Motor Dukung Pasar Domestik dan Ekspor

1 March 2023 | 3:27 pm | Aldi Prihaditama

Tepat tanggal 28 Februari 2023, PT Honda Prospect Motor (PT HPM) mengadakan peringatan dua puluh tahun beroperasinya pabrik Honda di Indonesia di Karawang, Jawa Barat. Dalam seremoni tersebut, Honda terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia, sekaligus memperkenalkan produk terbarunya yang bakal dikirim untuk pasar ekspor.

PT Honda Prospect Motor memulai produksi pertama di pabrik Karawang pada bulan Februari 2003. Pabrik pertama PT HPM memiliki luas bangunan 80.324 m2 dan kapasitas maksimal produksi hingga 80.000 unit per tahun. Pendirian pabrik kedua dilanjutkan pada tahun 2012 dan diresmikan pada bulan Januari 2014 dengan total luas bangunan sebesar 145.760 m2 serta kapasitas maksimal produksi hingga 120 ribu unit per tahun. 

Kapasitas produksi 200 ribu per tahun

Dengan hadirnya pabrik kedua PT HPM ini dapat meningkatkan kapasitas produksinya hingga maksimal 200 ribu unit per tahun. Untuk mengembangkan dan memperkuat bisnisnya di Tanah Air, PT HPM membangun pabrik connecting rod (setang piston) yang sudah beroperasi pada Desember 2022 silam.

Lebih lanjut, PT HPM juga telah memiliki pabrik stamping yang mulai beroperasi pada Mei 2016 dan telah memproduksi panel samping, atap, lantai dan sebagainya, didukung sistem canggih seperti Automatic Continuous Process dan sistem Robotic. Selain pabrik Stamping, PT HPM juga telah memulai operasi pabrik crankshaft (kruk as) pada September 2016. Fasilitas dalam pabrik ini menerapkan teknologi canggih dan mesin presisi tinggi yang ramah lingkungan.

Baca juga :  Chery Tiggo 8, Entry Level Tapi Diklaim Tetap Mumpuni

Sudah 1,7 juta unit mobil diproduksi PT HPM

“Pasar Indonesia sangat penting untuk bisnis Honda secara regional dan global dimana HPM merupakan pasar terbesar di kawasan ASEAN dan juga Asia Oceania. Operasional pabrik HPM di Karawang, Indonesia, merupakan wujud konsistensi Honda untuk memproduksi berbagai model dengan kualitas standar internasional untuk pasar domestik dan ekspor,” papar Hiroshi Tokutake, Executive Vice President Asian Honda Motor Co., Ltd.

“Sejalan dengan visi kami untuk menjadi perusahaan yang diinginkan masyarakat dan masyarakat Indonesia dengan memaksimalkan kebahagiaan pelanggan. Kami berharap, pabrik kami dan ekspor produk kami tidak hanya memenuhi visi HPM, tetapi juga terus memberikan kontribusi positif bagi perekonomian dan masyarakat Indonesia,” tambah Kotaro Shimizu, President Director PT HPM.

Hingga saat ini, pabrik PT HPM telah memproduksi lebih dari 1,7 juta unit dimana memproduksi model-model favorit yaitu Honda Brio, All New Honda BR-V, All New Honda HR-V, Honda CR-V, Honda Mobilio dan produk terbaru Honda yaitu Honda WR-V. PT HPM ke depannya akan mulai mengekspor model-model terbarunya ke beberapa negara. Selain mobil, pabrik PT HPM juga telah mengekspor berbagai komponen mobil.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x