Raihan Ciamik Tahun Lalu, Mitsubishi Fuso Optimis di 2024

15 March 2024 | 7:35 am | Aldi Prihaditama

Kiprahnya di Indonesia selama 53 tahun, membuat nama Mitsubishi Fuso banyak jadi andalan pelaku usaha yang tersebar di Tanah Air. Hal ini juga membuatnya memimpin pasar kendaraan niaga selama bertahun-tahun. PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, mengumumkan strategi terbaru untuk tahun 2024 ini.

Kondisi di tahun 2023, pasar kendaraan niaga di Indonesia mengalami dinamika yang cukup signifikan, dan mengalami penurunan permintaan hingga 9 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan volume pasar sebanyak 84.957 unit. Walau demikian, Mitsubishi Fuso tetap berhasil mempertahankan sebagai pemimpin pasar dengan ‘kue pasar’ sebesar 39,2 persen, atau setara dengan 33.283 unit.

Canter masih jadi primadona

MItsubishi Fuso Canter

Penyumbang terbesar penjualan berasal dari Canter di kelas light duty truck (LDT) sebanyak 29.062 unit, dengan pangsa pasar 53 persen. Sedangkan untuk segmen medium duty truk (MDT), Fighter X mencatat pertumbuhan positif dengan pangsa pasar 18 persen, atau sebanyak 4.179 unit

Mitsubishi juga menyiapkan banyak aktivitas purna jual. Seperti perluasan layanan after sales service berupa Bengkel Siaga 24 Jam, depo suku cadang, dan mobile workshop service. Tak ketinggalan menambah jaringan dealer hingga total 222 titik. Telah disiapkan Digital Operation MyFuso App & Telematic Runner 3.0, yang fokus untuk meningkatkan layanan secara digital dan praktis.

Baca juga :  UPPF Jakarta Selatan Lindungi Cat Kendaraan Secara Optimal

Penjualan Onderdil Meningkat

“Mitsubishi Fuso berhasil mencatatkan rekor penjualan suku cadang tertinggi pada tahun 2023. Naik hingga 17 persen, jika dibandingkan tahun 2022. Semakin banyaknya penjualan dan ketersediaan suku cadang, maka memudahkan konsumen melakukan perawatan dan perbaikan,” kata Aji Jaya, Sales & Marketing Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors.

Di tahun 2024, KTB ingin meningkatkan porsi pasar menjadi 41 persen, atau tumbuh sebesar 1,8 persen dengan total 34.850 unit. KTB berkomitmen untuk selalu melakukan inovasi, tidak hanya produk namun juga layanan dan teknologi terbaru yang sesuai untuk bisnis konsumen. Mendengarkan masukan konsumen dan menyediakan solusi bisnis yang tepat, menjadi kunci yang harus dipegang teguh.

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x