Range Rover Sport SV Model 2024 Jauh Lebih Perkasa

8 June 2023 | 2:00 pm | Rizky Dermawan

Setelah dua bulan dibuat penasaran oleh selubung kamuflase yang membungkus, Range Rover Sport SV model tahun 2024 akhirnya resmi diluncurkan di Inggris.

Varian teratas dari Range Rover Sport ini merupakan pengganti dari model Range Rover Sport SVR. Hmm…apa saja yang berubah selain tanpa label huruf “R”?

Mesin Baru Yang Lebih ‘Kecil’ Namun Perkasa

Munculnya model baru tentu ada hal yang berubah dibanding versi terdahulu. Demikian pula dengan Range Rover Sport SV.

Mesin 5.0-liter V8 supercharged yang digunakan model SVR kini digantikan mesin 4.4-liter V8 twin-turbo mild hybrid yang dipasok dari BMW.

Meskipun mesin baru ini kapasitasnya lebih kecil, namun ouput performanya jauh lebih perkasa. Tenaga maksimumnya kini mencapai 626 hp dengan torsi maksimum 750 Nm. Dengan mengaktifkan Dynamic Launch Mode, sistem mild-hybrid akan memberi suplemen yang akan mendongrak torsi maksimum menjadi 800 Nm.

Memang terbukti jauh lebih perkasa dari versi SVR terdahulu yang tenaganya hanya 575 hp dengan torsi maksimum 700 Nm.

Bahkan mesin baru ini jauh lebih bertenaga dari Range Rover model 2024 yang juga bermesin 4.4-liter V8 namun hanya bertenaga 607 hp.

Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam hanya butuh waktu 3,6 detik. Sementara top speednya mampu mencapai 288 km/jam.

Baca juga :  Skuteris Dunia Bersiap Untuk Vespa World Days 2024

Upgrade Sistem Suspensi

Untuk menghasilkan dinamika berkendara yang lebih baik, Land Rover melakukan ubahan pada sasis. Sejumlah komponen pun diupgrade, khususnya sistem suspensi.

Sistem suspensi kini menggunakan versi berteknologi 6D Dynamics yang diadopsi dari Range Rover terbaru. Ketinggian suspensi udara dan peredam hidrolik dapat diatur. Gejala body roll atau spin saat menikung maupun berakselerasi dapat diminimalisir.

Setting jarak main suspensi kini bahkan 10-25 mm lebih rendah dari model Range Rover Sport lainnya.

Offset ban pun kini berubah menjadi 285 pada roda depan dan 305 untuk roda belakang. Akselerasi lateral kini menjadi 1.1 g. Meningkat sekitar 22 persen lebih baik dibandingkan model SVR.

Bobot kendaraan pun kini mengalami diet. Satu set velg opsional 23-inci berbahan serat karbon memangkas bobot sekitar 36,5 kg. Rem cakram keramik karbon bobotnya 34 kg lebih ringan dari rem standar.

Paket Konten Yang Benar-Benar Baru

Seperti halnya model Range Rover terbaru lainnya, Range Rover Sport SV kini dibekali sistem infotaintment Pivi Pro versi terbaru.

Pengaturan volume audio dan setting iklim kabin cukup dengan sentuhan jemari pada layar sentuh digital. Bahkan pengaturan fungsi dan fitur berkendara maupun sistem multimedia terpadu cukup dengan dua kali sentuhan jari pada layar head unit. Fitur voice assistant Alexa dari Amazon pun kini dibekalkan sebagai fitur standar pada Range Rover Sport.

Baca juga :  GAC Aion Hyper SSR Bakal Menginvasi Pasar Hypercar Eropa?

Yup, ada hal terbaru yang untuk pertamakalinya dibekalkan pada Range Rover Sport. Tuas transmisi pada konsol tengah dan bagian tepi tuas paddle-shift pada kemudi kini menggunakan bahan keramik. Bahkan hal ini diklaim merupakan yang pertamakali di dunia!

Nah, ubahan paling dahsyat justru pada sistem audio terbarunya. Teknologi audio Body and Soul Seat (BASS) untuk pertamakalinya di dunia dibekalkan Land Rover yang dapat menganalisa daftar pilihan musik secara otomatis. Vibrasi alunan nada yang keluar dari 29 buah speaker sistem audio Meridian Hi-Fi berdaya 1.430 Watt dialirkan ke jok depan. Tubuh anda seolah tengah dipijat oleh getaran-getaran musik yang mengalun. Ini teknologi baru yang keren!

Range Rover Sport SV Edition One

Jika anda ingin meminang Range Rover Sport model terbaru, harap bersabar. Untuk produksi setahun pertama hanya tersedia Range Rover SV Edition One.

Varian ini hanya ditawarkan secara eksklusif kepada pelanggan setia Land Rover terpilih. Selain spek konten yang dibekalkan sedikit berbeda dengan ciri khas yang spesifik dibandingkan Range Rover Sport SV ‘biasa’, jumlahnya pun terbatas.

Range Rover Sport SV Edition One di Inggris dibanderol mulai dari £171,460 atau setara Rp 3,167 miliar. Apakah Anda termasuk yang beruntung untuk dapat memilikinya?

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x