Rayakan 40 Tahun, Kawasaki Ninja Usung Livery Retro

25 October 2023 | 6:14 pm | Rizky Dermawan

PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi memperingati Anniversary Ninja series tepat ke 40 tahun. Semua series ninja ZX ini meliputi varian Ninja ZX-4RR, Ninja ZX-6R dan Ninja ZX-10R. Untuk merayakan, mereka memberikan Kawasaki Ninja livery retro. 

Bermodal permainan retro livery tahun 1990-an, sportbike ini mulai melejit kembali setelah digunakan oleh Jonathan Rea dua tahun lalu pada ajang balap WSBK Mandalika.

Tak ketinggalan, perayaan ini pun juga dilakukan Kawasaki di Japan Mobility Show 2023 yang mendisplay 3 unit Kawasaki Ninja dengan livery retro. Seperti yang kami lihat langsung di hari pertama gelaran ini di Jepang. Dan memang padanan warnanya sangat menarik saat terpasang di motor modern Kawasaki.

Pematah Dominasi Ducati

Livery three-colour sebelumnya terbalur pada unit Kawasaki ZXR 750, dengan paduan tiga warna  identik yaitu Lime Green, Pearl Crystal White and Blue. Logo “Kawasaki” besar di fairing samping dan lambang HUT ke-40 juga menjadi salah satu ciri khas dari keluaran di seri 40 tahunan ini.

Rangka serta swingarm di cat perak sebagai tanda bahwa Kawasaki tidak pernah salah dalam membuat desain melawan tipe sportbike rivalnya.

Meskipun sama, namun spesifikasi mesinnya berbeda-beda, Ninja ZX-10R bertenaga 213 PS / 13,200 rpm (Ram Air). Sementara Ninja ZX-6R adalah 129 PS / 13,000 rpm (Ram Air) dan Ninja ZX-4RR yakni 77 PS / 14,500 rpm (Ram Air).

Baca juga :  Tiga Orang Di Balik Perpindahan Lewis Hamilton Ke Ferrari

Kawasaki selalu memberikan kejutan baru lewat upgrade performa pasukan Ninja-nya.  Mengingat livery yang digunakan oleh Jonathan Rea ini memiliki ciri khas tersendiri, bahkan sukses meraih gelar pertama WorldSBK buat Kawasaki. Saat itu ZXR 750 H2 dikendarai oleh Scott Russell dari tim Muzzy Kawasaki dan mematahkan dominasi tim Ducati.

“Alokasi KMI sangat terbatas, dikarenakan unit yang diproduksi tidak banyak. Motorcycle enthusiast menjadi target utama kami, terutama bagi pecinta sportbike. Happy Anniversary ke-40 tahun untuk Kawasaki Ninja. Lead Don’t Follow!” ucap Bapak Michael C. Tanadhi selaku Head Sales & Promotion PT. KMI.

Baca Juga: Ada Kawasaki Ninja bermesin 500 cc baru

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x