Satu Dekade Honda Brio di Indonesia

18 August 2022 | 6:14 pm | Aldi Prihaditama

Honda Brio sempat menjadi city car terlaris di tahun 2012.

PT Honda Prospect Motor (HPM) merayakan sepuluh tahun eksistensi Honda Brio di Indonesia dalam sebuah seremoni yang diadakan di ajang GIIAS 2022. Sejak debutnya hingga saat ini, Honda Brio banyak meraih pencapaian dari sisi penjualan dan penghargaan, serta turut berkontribusi untuk industri otomotif nasional, terutama melalui program Low Cost Green Car (LCGC).

Honda Brio hadir pertama kali di Indonesia pada tahun 2012 sebagai mobil city car terbaru dari Honda. Honda Brio sebelumnya hadir lebih dulu di India dan juga Thailand dan telah diterima baik oleh konsumen di masing-masing negara. Di Indonesia, Honda Brio hadir sebagai entry model yang menyasar segmen anak muda dan pembeli mobil pertama.

Dengan menawarkan berbagai keunggulan menawarkan berbagai keunggulan seperti desain yang stylish, tenaga terbesar di kelasnya, hingga fitur keamanan yang lebih lengkap, Honda Brio langsung mendapat respons baik oleh konsumen Tanah Air. Mungkin Anda mulai menyadari bahwa Honda Brio laris manis. Hal itu memang benar, sebab langsung terjual lebih dari 8 ribu unit di Indonesia dalam waktu lima bulan sejak diluncurkan.

Pada tahun 2013, PT Honda Prospect Motor mengadopsi model Honda Brio untuk mengikuti program LCGC yang dikeluarkan pemerintah Indonesia. Honda kemudian memperkenalkan Brio Satya yang menjadi mobil LCGC Honda yang diproduksi di pabrik HPM di Karawang. Sesuai dengan komitmen untuk program LCGC, Honda terus meningkatkan kandungan lokal bagi Brio dari tahun ke tahun, mulai dari eksterior, interior, bodi, sasis, mesin hingga elektrik.

Baca juga :  Mudik 2024: Bengkel Siaga Ford Layani Model Fiesta Hingga Ranger

Produksi Brio Satya di Indonesia juga melibatkan banyak supplier lokal Indonesia yang jumlahnya juga meningkat dari tahun ke tahun. Dengan tingkat local purchase mencapai 95 persen, Honda Brio saat ini tercatat sebagai model Honda dengan local purchase tertinggi. Volume produksi Honda Brio di Indonesia kembali meningkat ketika pada tahun 2015, seluruh model Honda Brio resmi diproduksi secara lokal di Indonesia.

Kesuksesan Honda Brio Satya di segmen LCGC kemudian dilanjutkan dengan menghadirkan varian bertransmisi CVT yang diluncurkan pada tahun 2016. Selain itu juga untuk pertama kalinya di dunia, Honda Brio diluncurkan dalam varian RS yang tampil dengan desain yang lebih sporty. Lebih lanjut, HPM meluncurkan generasi kedua Honda Brio pada ajang GIIAS 2018. Honda Brio generasi kedua kembali sukses besar di pasar otomotif Indonesia, sehingga Honda Brio tercatat sebagai model dengan penjualan tertinggi di Indonesia pada tahun 2020.

“Honda Brio menjadi model terpenting bagi Honda karena merupakan mobil nasionalis kebanggaan Indonesia, dan banyak memberikan kontribusi untuk mendukung industri otomotif dan ekonomi secara umum di Indonesia melalui investasi dan aktivitas ekspor,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy.

Hingga kini, lebih dari 10 ribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia, tergabung melalui wadah komunitas Honda Brio yang dibentuk oleh penggunanya sendiri, yakni Honda Brio Community (HBC), Honda Brio Club Indonesia (HBCI), Brionesia, ANBRIO dan masih banyak lagi.

Baca juga :  Honda Racing Gallery, Museum Pembuktian Prestasi Balap Honda

Honda Brio juga telah diekspor ke luar negeri, yaitu menuju Filipina dan Vietnam pada bulan April 2019 hingga saat ini, dengan total ekspor mencapai 22.260 unit. Selain itu, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memproduksi Honda Brio hingga saat ini.

Di tahun 2022, Honda Brio terus mencatat disambut baik oleh konsumen, dan tercatat sebagai mobil dengan penjualan tertinggi di Indonesia pada semester pertama di tahun ini. Sejak debut pada tahun 2012 hingga saat ini, total penjualan Honda Brio tercatat sebanyak 453.153 unit. Ini merupakan alasan kuat mengapa begitu banyak Honda Brio yang berseliweran di depan kantor kami…

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x