Seperempat Abad Honda Civic Type R

23 August 2022 | 2:14 pm | Aldi Prihaditama

Sepertinya kami tidak ragu untuk memakainya sehari-hari.

Honda Civic telah menjadi produk yang dikenal baik oleh mayoritas orang di dunia, mungkin juga Anda salah satu penggunanya. Tahun ini, Honda merayakan dua momen bersejarah sekaligus, yaitu 50 tahun produksi Civic dan 25 tahun usia produksi Civic Type R. Honda Civic Type R seolah menulis ulang karakter dari sebuah kendaraan hot hatch. Di setiap generasi Honda Civic Type R terdapat aspek teknologi yang canggih dan dinamika berkendara yang memukau.

Setelah berlangsung enam generasi, formula tersebut tidak pernah luntur sedikitpun. Kami juga mengagumi perpaduan yang Honda hasilkan pada setiap generasi Civic Type R, yakni bermesin depan dan berpenggerak roda depan, dibungkus dengan bodi hatchback yang kompak. Sepertinya kami juga tidak ragu untuk memakainya sehari-hari, sebelum membesutnya di trek balap di akhir pekan…

EK9 (1997-2000): Honda Type R Paling Terjangkau

Honda menggunakan nama Type R pertama kali pada NSX Type R di tahun 1992, yang memiliki peningkatan performa dan pengendalian, hanya orang-orang beruntung yang dapat memilikinya. Lalu Honda menyematkan filosofi Type R pada Civic, sesuai dengan apa yang diterapkan pada Integra dan NSX, agar pengguna lebih menikmati rasa berkendara. Civic EK9 ini hanya dipasarkan untuk pasar domestik Jepang saja, dengan menggunakan mesin B16B 1.6 liter DOHC VTEC 182 hp yang bertengger di balik bodi seberat 1060 kg saja. Debut mobil ini langsung mendapat respons positif dari banyak kalangan.

Baca juga :  Ulang Tahun, Wuling Indonesia Tebar Promo

 

EP3 (2001-2005) Civic Type R ‘Bule’

Meneruskan kesuksesan dari Civic Type R EK9, maka generasi kedua pun lahir dan dipasarkan untuk wilayah di luar Jepang juga. Hal ini untuk menjawab keinginan pasar otomotif di Eropa. Honda pun merakit Civic Type R di Inggris, mesinnya kini menggunakan K20 2.0 liter DOHC i-VTEC 212 hp. Guna mengimbangi performa mesin, transmisi 6-speed menggunakan model close-ratio dan system pengereman lebih mumpuni, Bahkan bodinya menggunakan logam high-tensile yang membuat strukturnya 80 persen lebih kokoh dibandingkan Civic Type R EK9.

 

FN2/FD2 (2007-2011) Civic Type R Saling Beda Fisik

Honda Civic Type R generasi ketiga memang tergolong unik, karena baik versi Eropa dan Jepang saling berbeda model. Untuk pasar Eropa, mengambil basis Civic hatchback FN2, dengan menggunakan mesin K20Z4 2.0 liter DOHC i-VTEC bertenaga 201 hp. Sedangkan untuk pasar Jepang, memakai bodi FD2 sedan yang dilengkapi mesin K20A 2.0 liter DOHC i-VTEC dengan output 222 hp. Supaya bobot bodi sedan tersebut menjadi ringan, Honda lebih banyak menggunakan perekat panel dibandingkan titik pengelasan. Chassis dan sejumlah panel bodi juga menggunakan material aluminium.

 

FK2 (2015-2017) Akhirnya Menggunakan Turbocharger

Seiring dengan perkembangan pasar dan penerapan beragam regulasi, Honda akhirnya harus melirik jalur turbocharging untuk meningkatkan performa mesin, tanpa harus kompromi dengan efisiensi bahan bakar. Honda mengembangkan mesin K20C1 2.0 liter Earth Dreams Technology dengan fitur turbocharger. Hasilnya ialah 306 hp dan mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam tempo 5,7 detik. Civic Type R FK2 ini juga memakai sistem pengereman performa tinggi buatan Brembo, bahkan ukuran cakram roda depannya ialah 351 mm.

Baca juga :  All New Honda BeAT, Lebih Segar dan Lebih Aman

 

FK8 (2017-2022) Hatchback Beringas

Civic Type R FK8 hadir di tahun 2017 dan merupakan evolusi total dari yang pernah ada. Suspensinya menggunakan adaptive damper, lalu mesin K20C1 2.0 liter turbocharger kini memiliki output lebih sangar lagi, yakni 316 hp. Civic Type R FK8 memiliki bodi yang amat aerodinamis, agar kestabilan berkendara di kecepatan tinggi semakin optimal. Lantai kendaraan sendiri pun memiliki bentuk yang nyaris rata, agar meningkatkan pengendalian yang lincah. Model ini pun akhirnya masuk ke pasar Amerika Serikat.

 

FL5 (2022-) Civic Type R Semakin Dewasa

Kami rasa (akhir) tahun ini generasi terbaru Honda Civic Type R mulai menjawab rasa penasaran para penggemarnya. Dengan menggabungkan dan menyempurnakan semua aspek yang telah disematkan pada semua generasi, terutama dalam hal teknologi serta nilai aerodinamika. Penyuka Honda Civic dengan DNA sport tidak akan mungkin kecewa dengan mobil ini dan Civic Type R FL5 akan terus mengantar nama Type R menuju perayaan 30 tahun nanti.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x