Subaru Crosstrek Tak Lagi Jadi Sosok Misterius

16 September 2022 | 8:00 pm | Aldi Prihaditama

Subaru Crosstrek memiliki postur yang kompak dengan desain yang sporty.

Setelah beberapa hari lalu kami dibuat penasaran dengan penggalan video yang memperlihatkan sosok produk Subaru misterius, maka kini sudah jelas semuanya. Sosok yang kini tidak misterius lagi tersebut ialah Subaru Crosstrek. Kenapa mirip dengan XV? Karena di sejumlah pasar global, Subaru XV juga dipasarkan dengan nama Crosstrek, jadi sebenarnya ya sama saja sih…

Beberapa waktu lalu, kami pun sempat meminjam unit Subaru XV model terbaru, namun tetap ada perbedaannya dengan mobil yang mungkin saja baru masuk ke Indonesia di tahun mendatang. Oke, kembali ke Crosstrek. Mobil ini memiliki postur yang kompak dengan desain yang sporty. Sistem symmetrical all wheel drive (AWD) khas Subaru tentu tidak boleh absen, sehingga Subaru Crosstrek ideal untuk digunakan di beragam medan yang ditempuh.

Nah, ini yang seperti kami duga sebelumnya, yaitu adanya Subaru Global Platform yang dioptimalkan. Langkah penyempurnaan tersebut memberikan stabilitas yang mantap, tanpa kompromi dengan kenyamanan bagi seluruh penumpangnya. Teknologi pada Subaru Global Platform yang melibatkan konstruksi internal secara menyeluruh, perekat struktur chassis, dan komponen suspensi yang kokoh, membuat rasa berkendara yang gesit.

Lebih lanjut, mobil ini memakai teknologi EyeSight generasi terkini, sehingga Crosstrek menjadi Subaru untuk pasar Jepang pertama yang menggunakan kamera mono wide-angle. Penggunaan kamera mono wide-angle memungkinkan untuk mengenali dan menangkap posisi sepeda motor maupun pejalan kaki, dengan sudut yang lebih luas dibandingkan dengan sepasang kamera, terutama ketika mobil sedang melaju di kecepatan rendah. Kamera ini juga membantu performa fitur EyeSight saat mobil dalam situasi pre-collision braking.

Baca juga :  ANCAP Rilis Hasil Uji Tabrak Untuk GWM Tank 500

Pakai mesin e-BOXER

Subaru Crosstrek menggunakan mesin boxer empat silinder 2.0 liter yang digabungkan ke motor listrik. Sistem ini menawarkan tiga mode berkendara yang berbeda; Engine driving, EV driving dan Motor Assist driving. Pada kecepatan rendah, hanya motor listrik yang menggerakkan kendaraan, sedangkan pada kecepatan sedang motor listrik digabungkan dengan mesin. Pada kecepatan yang lebih tinggi, mesin saja yang memberi daya pada e-BOXER, sambil mengisi ulang baterai. Transmisinya ialah Lineartronic CVT yang telah teruji selama bertahun-tahun.

Crosstrek diklaim oleh Subaru dapat menjadi pilihan kendaraan yang cocok bagi konsumen dengan jiwa petualang. Karena mampu digunakan untuk perjalanan sehari-hari maupun ketika menjelajahi medan non-aspal. Tapi, kami rasa bukan medan off-road yang ekstrem ya… Karena sayang, Subaru Crosstrek memang terlalu keren untuk dipakai ugal-ugalan.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x