Subaru WRX Segera Hadir Di Indonesia?

7 January 2023 | 7:07 pm | Rizky Dermawan

Para fans Subaru di Tanah Air dihebohkan oleh sebuah unggahan video pada platform sosmed Instagram Subaru Indonesia.

Dalam video tersebut muncul sesosok mobil yang tengah melesat di tengah gurun pasir. Dari wujudnya, nampak seperti All New Subaru WRX.

Waaah…apakah ini merupakan pertanda sosok WRX generasi terbaru bakal hadir di Indonesia?

Generasi kelima dari WRX ini sebenarnya telah diluncurkan secara global pada November 2021. Dan tentu saja mobil ini telah dipasarkan tak hanya di Jepang, namun juga di Amerika Serikat sejak tahun lalu.

WRX Usung Platform dan Mesin Baru

Berbeda dari generasi sebelumnya, All New WRX tak hanya mengusung mesin baru, namun juga telah menggunakan platform global Subaru versi terbaru.

Mesin boxer 2.4 liter turbo yang dipakai menghasilkan tenaga 271 hp pada 5.600 rpm dan torsi 350 Nm pada 2.000 – 5.200 rpm yang disalurkan ke seluruh roda via penggerak AWD. Transmisi tersedia dua pilihan, manual 6-speed serta CVT (untuk variant tS).

Akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam waktu sekitar 6,1 detik. Kecepatan maksimumnya pun diklaim mencapai 250 km/jam. Torsi puncak dicapai pada putaran mesin relatif rendah (2.000 rpm), memang tak lepas dari karakter DNA mobil rally yang disandangnya.

Karakter sport yang disematkan pada WRX tak hanya melekat di kulit, namun juga output performanya.

Baca juga :  Apa Saja Brand Otomotif Baru Yang Nongol di GIIAS 2024?

Perihal konsumsi BBM, WRX diklaim memiliki konsumsi BBM rata-rata di kisaran 11,2 km/liter. Masih terbilang lumrah untuk sebuah sedan berkarakter sport sangat kental.

Generasi baru dengan konten baru

Fitur berkendara mutakhir sesuai perkembangan teknologi otomotif pun dibekalkan pada WRX, khususnya fitur berkendara berbasis ADAS (Advance Driving Assistance System).

Teknologi EyeSight yang merupakan sistem bantu berkendara terpadu pada WRX mengandalkan sejumlah sensor, kamera dan sonar pendeteksi.

Teknologi ini mengatur kinerja beragam fitur bantu berkendara. Mulai dari lane keep assist, smart braking and pre-collision braking,
throttle control hingga cruise control dan masih banyak lagi. WRX kian modern dan canggih.

Variant WRX mana yang akan dipasarkan di Indonesia?

Di negara asalnya yakni Jepang, Subaru WRX model tahun 2022 tersedia dalam empat pilihan variant trim yakni GT-H, GT-H EX, STi Sport R, dan STi Sport R EX baik model sedan maupun wagon.

Perihal harga jual, WRX spek JDM ini dipasarkan mulai dari 4 juta Yen Jepang atau sekitar Rp 478 jutaan (GT-H) hingga 4,8 juta Yen Jepang atau Rp 570 jutaan (STi Sport R EX).

Di negara tetangga seberang lautan, Filipina, Subaru WRX telah mendarat lebih dulu sejak Juni 2022 lalu.

APM Subaru di negara tersebut yakni Motor Image Philippine (MIP) memboyong 5 variant WRX yakni WRX Sedan (MT dan CVT), WRX tS Sedan (CVT), WRX Wagon dan WRX tS Wagon.

Baca juga :  Pelajar Indonesia Unggul di Shell Eco-marathon 2024

WRX 2022

Sayangnya, versi WRX STi yang telah dinantikan justru tidak ada dalam daftar. Meskipun yang beredar adalah variant berlabel tS (tuned by STi) dan bukan spek WRX STi, namun sensasinya tak jauh berbeda dan aura sportnya cukup menggelora.

Di Filipina, Subaru WRX Sedan dibanderol mulai dari 2,5 juta Peso Filipina atau setara Rp 579,7 juta (WRX Sedan M/T) hingga 2,8 juta Peso Filipina atau sekitar Rp 793,1 juta (WRX tS Sedan CVT).

Subaru WRX

Untuk versi Wagon baik variant tS maupun non-tS dibanderol dengan harga yang sama yakni 2,5 juta Peso Filipina atau Rp 722,7 juta.

Entah WRX versi apa yang bakal diboyong oleh Subaru Indonesia dalam beberapa waktu mendatang. Apakah versi JDM atau variant yang sama seperti negara tetangga kita yakni Filipina. Kita tunggu saja kejutan Subaru Indonesia. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x