Suzuki Bekalkan Penggerak EV Full Hybrid Pada S-Cross Model 2023

26 October 2022 | 5:17 pm | Rizky Dermawan

Suzuki S-Cross Full Hybrid menyimpan sejumlah teknologi rangkaian kelistrikan penunjang berkendara.

Memasuki usia yang hampir genap setahun, generasi ketiga dari Suzuki S-Cross yang pertama kali dilansir pada November 2021 kini hadir dengan varian baru berlabel ‘Full Hybrid’. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan imbuhan Full Hybrid yang disematkan pada mobil yang diproduksi oleh Magyar Suzuki Corporation di Hungaria ini?

Pada modul hybrid yang umum digunakan oleh brand lain, mesin bensin dikombinasikan dengan modul penggerak hybrid yang terdiri dari satu atau dua motor listrik dan sebuah sel baterai. Sedangkan pada sistem Full Hybrid yang dibekalkan oleh Suzuki pada S-Cross terbaru ini, kinerja mesin bensin 4-silinder 1.5 liter naturally-aspirated (K15C) dipadukan dengan sebuah Motor Generator Unit (MGU) serta sebuah baterai lithium-ion 140V yang dilengkapi dengan inverter listrik.

Sistem kelistrikan dengan beban arus kecil seperti lampu, A/C dan penghangat kabin, serta panel instrumen pada dasbor, menggunakan pasokan daya listrik yang bersumber dari sebuah baterai konvensional 12V berikut sebuah sel baterai lithium-ion 12V.

Suzuki S-Cross Full Hybrid memiliki dua pilihan mode berkendara yakni ECO dan STANDARD. Pada mode ECO, motor listrik berperan sebagai penggerak utama layaknya mode EV. Sedangkan pada mode STANDARD, motor listrik hanya memasok suplemen daya tambahan secara berkala pada mesin bensin.

Baca juga :  Nissan Luncurkan GT-R T-Spec Takumi & Skyline Edition

Ada dua varian trim

Sebagai penerus daya, mobil ini dibekali dengan transmisi Auto Gear Shift (AGS). Perpindahan gigi pada mode manual dilakukan via tuas paddle-shift pada setir. Konsumsi BBM dari Suzuki S-Cross Full Hybrid versi berpenggerak FWD diklaim berada di kisaran angka 5,2 liter per 100 km atau setara 19 km/liter.

Di kawasan Eropa, Suzuki S-Cross Full Hybrid hadir dalam dua varian trim yakni Motion dengan sistem penggerak FWD dan Ultra ALLGRIP dengan penggerak AWD. Pada varian Motion, konten fitur yang dibekalkan meliputi sistem infotainment dengan layar sentuh 7.0-inci yang dilengkapi koneksi MirrorLink, Android Auto, dan Apple CarPlay. Pada varian Ultra ALLGRIP, layar digital 9.0-inci dan sistem navigasi 3D plus koneksi nir-kabel Apple CarPlay menjadi fitur standar.

Fitur keselamatan berkendara yang dibekalkan pada varian Motion antara lain Traffic Sign Recognition, adaptive cruise control, kamera parkir belakang, sensor parkir (depan dan belakang) serta 7 buah airbag. Sementara pada varian Ultra ALLGRIP terdapat sejumlah fitur tambahan lainnya mulai dari sistem kamera 360°, kemasan interior berlapis kulit, dan panoramic sliding moonroof.

Untuk para konsumen di daratan Inggris Raya, mobil ini dibanderol mulai dari £26.749 untuk varian Motion (FWD) dan £31.549 untuk varian Ultra ALLGRIP dengan penggerak AWD (seluruh harga off-the road).

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x