Suzuki Grand Vitara Terbaru Dipastikan Hadir di Indonesia

25 January 2023 | 1:17 pm | Indra Alfarisy

Akhrnya Suzuki memastikan akan membawa SUV baru tahun ini. Bukan Espresso yang ditingkatkan, tapi Suzuki Grand Vitara akan hadir di Indonesia. BErdasarkan unggahan di media sosial, Suzuki Indomobil akan memunculkan mobil ini ke hadapan publik pada acara Indonesia International Motor Show 2023 bulan depan.

Grand Vitara generasi baru ini punya cerita latar belakang yang cukup menarik. Ini merupakan produk kerjasama Maruti Suzuki di India dengan Toyota. Hasilnya, selain Grand Vitara adalah Toyota Urban Cruiser Hyrider yang hanya dipasarkan di negeri Taj Mahal itu.

Grand Vitara 2022

Bukan pertama kali juga kedua pabrikan itu melakukan kerjasama. Suzuki Baleno jadi Toyota Starlet, Toyota Noah jadi Suzuki Landy di Jepang, dan sebagainya.

Makanya saat Hyrider dan dan Grand Vitara diperkenalkan bulan Juli 2022, kami tidak terlalu terkejut kalau kedua mobil ini memiliki kemiripan. Meski versi Suzuki terlihat punya gaya yang lebih mewah dan agresif.

Desain Mirip

Kedua SUV dibekali muka dengan lampu depan sama-sama terpisah. Yang atas berfungsi sebagai DRL, headlight sejajar bemper. Tapi pada Grand Vitara, DRL didesain untuk terlihat lebih tegas, grill diposisikan lebih ke atas dan berbentuk heksagonal. Sementara headlight dipisahkan dengan tegas dari grill. Punya Toyota, lampu ini seperti satu kesatuan dengan bagian tersebut.

Baca juga :  Toyota Supra GT4 Iron Man, Bikin Tony Stark Tersenyum Puas

2023 Suzuki Grand Vitara

Bagian belakang meski mirip dengan Urban Cruiser, tapi pembedanya cukup tegas. Desain lampu buritan seperti menyambung dari kiri ke kanan, dan diikat oleh logo S di bagian tengah. Yang kami suka adalah, penggunaan warna dark chrome di bagian ini. Dan juga di grill depan.

Dimensi panjang SUV ini mencapai 4.345 mm, dengan lebar 1.795 mm. Tingginya 1.645 mm. Besaran wheelbase (panjang sumbu roda) ada di angka 2,600 mm.

Interior Mirip Toyota

Sah saja kalau mirip. Karena memang produk bersama. Di India, interior Grand Vitara dibekali kombinasi warna hitam dan burgundy. Ini terlihat di jok, trim pintu dan dashboard. Untuk yang tidak suka interior warna ‘ramai’ begini, tersedia juga pilihan kabin sewarna. Entah di Indonesia akan masuk yang mana.

Interior Grand Vitara 2023

Sarana hiburan didukung layar monitor 9-inci di dashboard tentunya sudah bisa Apple Carplay dan Android Auto. Ada juga versi yang menggunakan instrument cluster 7-inci dan HUD.

Ada Versi Hybrid

Di India, Suzuki Grand Vitara dibekali dua opsi penggerak. Pertama empat silinder 1,5 liter dengan imbuhan Smart Hybrid. Menghasilkan daya 101 hp, dengan torsi 135 Nm. Menariknya lagi, tersedia dua opsi gerak roda. FWD atau 4WD AllGrip. Transmisinya 5-speed manual atau 6-speed otomatis. Versi Toyota hanya dibekali FWD.

Pilihan kedua adalah Grand Vitara Hybrid. Ini hybrid full, bukan mild hybrid seperti pada Ertiga. Nama sistemnya adalah Inteligent Electric Drive. Sistem ini terdiri dari mesin 1,5 liter yang berbeda dengan mesin K15 yang biasa dipakai. Kemudian ada elektrik motor dan baterai lithium berkapasitas besar. Total daya yang dihasilkan adalah 114 hp, dengan torsi puncak 141 Nm.

Baca juga :  Kemasan Oli Yamalube Baru Makin Futuristik

Suzuki Grand Vitara diperkirakan akan diimpor utuh dari pabrik Toyota di Bidadi, Karnataka, India.

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x