Suzuki Invicto Resmi Diluncurkan di India

10 July 2023 | 11:13 am | Rizky Dermawan

Kerjasama saling bertukar platform yang terjalin antara Suzuki dan Toyota terbukti manjur untuk mengisi celah kekosongan model pada kedua brand di sejumlah kawasan tertentu. Salah satu contohnya yakni segmen MPV 7-8 penumpang. Sebelumnya, model MPV terbesar yang ditawarkan Suzuki di India yakni XL6 yang di Indonesia berlabel Ertiga. Seperti yang telah kami prediksi sebelumnya, Maruti Suzuki resmi meluncurkan Suzuki Invicto di India.

Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-8 seater ini merupakan versi rebadged dari Toyota Innova Zenix spek India yakni Innova Hycross. Apa saja pembeda antara Toyota Innova Hycross dan Suzuki Invicto?

Platform Sama Namun Beda Gaya

Jika dilihat dari siluet desain body, Invicto dan Innova Hycross terlihat identik dan nyaris tak ada bedanya. Meskipun model rebadged, tetap saja terdapat ciri khas yang disematkan Suzuki pada Invicto sebagai pembeda.

Pada bagian depan, grille Invicto ukurannya lebih besar. Nuansa chrome pada grille Invicto pun lebih kental dibanding Innova Hycross yang lebih dominan dengan warna hitam.

Desain bumper depan Invicto pun berbeda. Terutama pada lubang intake dan skid plate. Tampilan dan bentuk headlamp pun terlihat berbeda dari Innova Hycross.

Demikian pula dengan tampilan pada bagian belakang. Pada lubang intake bumper belakang terdapat aksen chrome. Desain lampu belakang pun berbeda. Tampilan velg alloy 17-inci yang menopang body pun terlihat keren.

Baca juga :  Mazda BT-50 Hanya Sedikit Bersolek Untuk Tahun 2024

Kemasan Interior Hanya Beda Tipis

Jika diukur, panjang body 4.755 mm dengan jarak sumbu roda sekitar 2.850 mm merupakan warisan dari platform compact unibody TNGA GA-C yang dimekarkan.

Hasilnya, kabin Suzuki Invicto yang berlayout tiga baris penumpang pun nampak sangat lapang. Sama seperti Toyota Innova Hycross.

Dengan setting desain yang berbeda pada bangku baris kedua, Suzuki Invicto memiliki versi yang dapat memuat 7 maupun 8-penumpang.

Volume bagasi di belakang bangku baris belakang cukup besar yakni 239 liter. Jika ingin memuat barang bawaan yang lebih banyak atau bentuk dan ukurannya lebih besar, tentu saja bisa. Cukup lipat bangku belakangnya, dan volume bagasi pun bertambah menjadi 690 liter.

Layout interior Suzuki Invicto maupun Toyota Innova Hycross memang identik. Bedanya sebatas pada kombinasi warna kemasan interior.

Panel interior dan jok Suzuki Invicto dikemas dengan balutan bahan semi kulit berwarna hitam. Pada panel interior diimbuhi aksen warna Champagne Gold sebagai pemanis dan memperkuat aura elegan. Sedangkan kemasan interior Innova Hycross didominasi warna coklat.

Perangkat head unit sistem infotainment dengan layar sentuh 10.1-inci dan layar panel instrumen 7-inci, sistem audio 6-speaker, panoramic sunroof, dan kamera 360-derajat jadi kelengkapan pada interior Suzuki Invicto. Termasuk pula lebih dari 50 fitur Suzuki Connect.

Fitur keselamatan berkendara nyaris tak berbeda, seperti ABS, EBD dan enam airbag. Hanya saja Invicto tak dilengkapi sistem bantu berkendara ADAS (Advance Driver Assistance System). Inilah salah satu faktor yang membuat harganya lebih murah dari Toyota Innova Hycross.

Baca juga :  Neta Punya Solusi Buat Calon Konsumen EV

Hanya Tersedia Varian Hybrid

Jika Toyota Innova Hycross ada varian mesin bensin dan hybrid, Suzuki Invicto hanya tersedia dalam varian hybrid.

Suzuki Invicto dibekali mesin bensin 4-silinder 2.0-liter bertenaga 150 hp. Modul hybridnya memanfaatkan motor elektrik berdaya 84 kW atau setara 112 hp. Output tenaga kombinasi yang dihasilkan paduan hybrid ini sekitar 183 hp.

Seperti halnya Toyota Innova Hycross hybrid yang berpenggerak roda depan, Suzuki Invicto pun demikian. Transmisi e-CVT yang digunakan pun identik. Untuk mode berkendara, tersedia empat pilihan yakni EV, Normal, Eco, dan Power.

Suzuki Invicto akan diproduksi di fasilitas manufaktur Toyota di Bidadi, India. Tempat produksi yang sama dengan Toyota Innova Hycross dan juga Suzuki Grand Vitara.

Suzuki Invicto hadir dalam dua varian, yakni Alpha+ (7-penumpang) dan Zeta+ (8-penumpang).

Label harganya di India mulai dari 2.842.000 Rupee atau Rp 519,7 jutaan untuk varian Alpha+. Sedangkan varian termurah yakni Zeta+ mulai dari 2.484.000 Rupee yang kurang lebih setara Rp 454,3 jutaan. Hanya terpaut sedikit lebih murah dari harga Toyota Innova Hycross.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x