Suzuki Jimny 5-pintu Laris, Dipesan Hingga 30.000 Unit

23 May 2023 | 5:59 pm | Indra Alfarisy

Suzuki Jimny generasi terbaru diburu banyak orang di seluruh dunia, apalagi di Indonesia. Bulan Januari lalu, varian Jimny 5-pintu dipastikan hadir dan dirakit di India. Bulan ini, Suzuki mengumumkan mereka sukses mengantongi pesanan Jimny ‘sasis panjang’ sebanyak 30.000 unit!

Angka itu baru di India saja, sejak Januari 2023. Namun Kami kurang yakin, kalau nanti masuk ke Indonesia, peminatnya akan seantusias itu.

Suzuki Jimny

Suzuki Jimny 5-pintu didesain untuk memberikan ruang yang lebih besar di bagian belakang. Perbedaan dari luar tentunya ada tambahan dua pintu di belakang kanan dan kiri. Selebihnya, tidak banyak perbedaan.

Di pasar India (dan Indonesia), Suzuki Jimny dibekali mesin empat silinder 1,5 liter yang menghasilkan 103 hp. Transmisi otomatis atau manual 5-speed bisa dipilih. Yang pasti, semuanya menggunakan gerak 4WD AllGrip. Setup ini juga akan dipakai untuk Jimny 5-pintu.

Dimensi Suzuki Jimny 5-pintu adalah, panjang 3.985 mm, lebar 1.645 mm dan tinggi 1.720 mm. Wheelbase-nya 2.590 mm. Sasisnya ladder frame seperti yang dipakai Jimny yang sudah ada.

JImny chassis panjang

 

Untuk para off roader, mobil ini memiliki approach dan departure angle yang hampir sama dengan versi pendek yaitu masing-masing 36 dan 50 derajat (Jimny versi pendek 37 dan 49 derajat). Tapi karena wheelbase panjang, break over angle-nya terpaksa agak kurang, yaitu 28 derajat (Jimny biasa hingga 28 derajat).

Baca juga :  Berpotensi Jadi Bahaya, Chery Recall Tiggo 5X Pro di Filipina

Bagian interiornya dibekali dashboard yang sama dengan Jimny yang ada sekarang. Layar multimedia 9 inci jadi sarana hiburan di tengah dashboard. Tetap dengan dua baris kursi, hanya saja perpanjangan dimensi memberikan ruang bagasi lebih lega.

Maruti Suzuki menjual mobil ini dengan harga termurah setara Rp 179,6 jutaan. Paling mahal Rp 215 jutaan. Entah berapa kalau masuk ke Indonesia. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x