Tata Group Bangun Pabrik Baterai Terbesar Di Inggris

4 March 2024 | 11:31 am | Rizky Dermawan

Raksasa industri otomotif asal India, Tata Group akan membangun pabrik baterai di Bridgewater, Somerset, Inggris. Giga proyek ini menelan dana investasi sebesar £4 miliar atau sekira Rp 79,6 triliun! Areal lahan yang digunakan  250 hektar. Diharapkan pabrik ini sudah mulai berproduksi pada tahun 2026 mendatang.

Pengoperasian pabrik nantinya akan menyerap lebih dari 4.000 tenaga kerja lokal. Bahkan jaringan rantai pasok dari hulu ke hilir bakal membuka ribuan lapangan kerja baru. Oleh sebab itulah pemerintah Inggris turut mendukung proyek ini dengan bantuan dana sebesar £500 juta atau sekitar Rp 9,95 triliun.

Keberadaan pabrik ini tak hanya akan meningkatkan taraf perekonomian warga setempat. Tapi juga membawa dampak positif bagi pertumbuhan industri dan perekonomian di Inggris.

Kapasitas Produksi 40 GWh

Ini adalah pabrik baterai terbesar Tata di luar India sekaligus jadi pabrik baterai terbesar di Eropa. Salah satu anak usaha milik Tata yakni Agratas akan mengelola pabrik ini, memproduksi sel baterai prismatik yang teknologinya hampir serupa buatan BYD.

Dicanangkan, pabrik ini punya kapasitas produksi yang mencapai 40 GWh. Tentunya ini akan terus ditingkatkan sesuai permintaan pasar. Cukup besar, namun masih terbilang minim dengan pesatnya pertumbuhan pasar mobil listrik di Inggris maupun Eropa.

Faraday Institute memprediksi pada tahun 2030 mendatang Inggris akan butuh pasokan baterai hingga 100 GWh. Pada tahun 2040 kebutuhan pasokan baterai diperkirakan bakal meningkat hingga 200 GWh.

Baca juga :  Chery Arta Karawang Semakin Menjangkau Area Jawa Barat

Dampak terhadap lingkungan jadi salah satu hal yang sangat penting. Pabrik Tata Group akan menerapkan teknologi ramah lingkungan. Tak hanya pada proses manufaktur dan penanganan material bahan baku produksi saja. Tapi juga pada proses pengolahan limbah dan material sisa produksi.

Mampukah Menandingi Baterai RRC?

Pengamat teknologi dan industri masih memiliki sejumlah pertanyaan. Akankah pabrik ini mampu bersaing dalam mencukupi kebutuhan baterai di pasar domestik Inggris maupun Eropa? Apakah harga  akan kompetitif dan bisa menandingi dominasi baterai RRC di pasar global?

Pabrikan baterai lainnya di Inggris dan Eropa juga tak ingin ketinggalan langkah dari Tata. Salah satunya yakni Envision yang saat ini jadi pemasok utama baterai untuk Nissan. Envision saat ini sedang bersiap meningkatkan kapasitas produksi mereka, menjadi 38 GWh.

Demikian pula dengan LG yang akan membangun pabrik baterai di Polandia. Dengan kapasitas produksi hingga 70 GWh. LG akan memasok baterai untuk Audi, Jaguar, Mercedes-Benz, Porsche, Renault dan Volvo.

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x