Tesla Cybertuck Punya Lawan Baru, Namanya Dongfeng E-Truck

10 May 2024 | 4:00 pm | Rizky Dermawan

Di jagad mobil listrik (EV), Tesla Cybertruck jadi salah satu mobil paling fenomenal abad ini. Tapi kini sang pickup bergaya stealth ini tak lagi sendirian. Calon kompetitornya baru saja diperkenalkan di daratan China. Dongfeng E-Truck Concept.

Apakah mobil konsep ini adalah tiruan dari Tesla Cybertruck? Katanya sih tidak, walau cukup banyak yang berpendapat begitu.

Versi Halus Cybertruck

Dibandingkan dengan Cybertruck yang bersudut angular ala pesawat stealth F-35, lekukan bodi Dongfeng E-Truck jauh lebih halus. Panel bodinya pun berlabur cat seperti mobil pada umumnya. Tak seperti Cybertruck yang terlihat polos dengan plat baja tahan karat tanpa cat.

Lampu depan LED mobil listrik lansiran Dongfeng ini desainnya minimalis. Namun yang unik justru lampu belakang LED-nya yang melebar. Lampu di bagian tengah pintu bak pickup bahkan bisa berfungsi sebagai layar display yang menampilkan berbagai tulisan. 

Anda tak akan menemukan kaca spion di samping karena digantikan oleh kamera berukuran kecil. Meskipun desainnya sederhana, namun bentuk jendela kabin E-Truck sedikit lebih enak dipandang dibandingkan dengan Cybertruck yang terkesan kaku.

Pintu kabinnya yang model “suicide” ala lemari memang saat ini agak tak lazim digunakan. Namun pintu jenis ini justru memberi akses keluar-masuk kabin yang lebih leluasa.

Lebih Bertenaga Dari Cybertruck

Baca juga :  Prestige Motorcars Gabung Jadi Dealer Resmi 3S Untuk BAIC

Konstruksi sasis E-Truck Concept berbasis dari platform skateboard EV milik Dongfeng. Tak disebutkan secara rinci jenis baterai dan motor elektrik yang digunakan. Hanya menurut Carscoops, total output tenaganya sebesar 1.305 hp. Jauh lebih perkasa dari varian teratas Tesla CyberBeast yang hanya bertenaga 835 hp.

Dapat dimaklumi jika pihak Dongfeng tak banyak menjabarkan spek detail E-Truck Concept. Mobil ini masih sebatas konsep desain. Namun berdasarkan beberapa mobil buatan RRC yang ada di pasaran, versi produksinya bisa muncul kapan saja secara mendadak. Bahkan hanya selang beberapa bulan setelah versi konsepnya diluncurkan. 

Sumber: Carscoops

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x