TGRI Rebut Juara di Kejurnas Sprint Rally 2023

1 November 2023 | 5:15 pm | Rizky Dermawan

Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) akhirnya sapu bersih gelar juara nasional Group M (AWD) Kejurnas Sprint Rally 2023 Seri ke-6 di Sport Center Indramayu, pada Sabtu dan Minggu (28-29/10).

Pasangan pembalap TGRI Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto memaksimalkan performa GR Yaris AP4 hingga race terakhir dengan waktu tercepat pada 3 dari 4 Special Stage (SS). Mereka sukses mengalahkan pembalap lain dengan spesifikasi kendaraan yang lebih tinggi setara Rally2.

“Kami bangga atas kerja keras tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) mengingat rival-rival di Kelas M1 turun dengan spesifikasi race car lebih bertenaga. Pencapaian ini selain merupakan penyemangat, juga menjadi modal kuat TAM untuk menurunkan mobil dan teknologi dengan spesifikasi yang lebih baik untuk menjawab kompetisi yang tentunya lebih ketat di tahun depan,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Kejurnas Sprint Rally 2023 Seri ke-6 ini sekaligus menjadi agenda HUT Kabupaten Indramayu. Jalur dengan karakter track medium speed ini selalu siap menguras konsentrasi pembalap. Sebanyak 4 Special Stage (SS) di jalan aspal (tarmac) sepanjang 3,6 km merupakan lintasan balap baru yang belum pernah dilombakan sebelumnya. Alhasil, pembalap harus beradaptasi secepat dan seefektif mungkin di rentang waktu terbatas.

Performa GR Yaris AP4 Goyahkan Rival Lainnya

Duo Ryan dan Adi memperoleh support luar biasa dari engineer TGRI yang berhasil meningkatkan performance GR Yaris AP4 untuk tampil flat out untuk merebut juara pertama pada 3 seri terakhir. Prestasi ini menempatkan pereli TGRI di posisi kedua klasemen umum dengan 50 poin di mana pesaing di posisi pertama memiliki 55 poin, yang juga membuka peluang juara nasional.

Baca juga :  Mitsubishi Tampilkan Pickup Triton Generasi Terbaru Di GIIAS 2024

Ryan dan Adi berkompetisi di kelas paling bergengsi M (sedan all-wheel-drive) kategori A menggunakan GR Yaris AP4 sesuai regulasi reli AP4 (Asia-Pacific 4WD). Mereka mencatat waktu tercepat kedua 03:28.6 di SS 1 dan menebusnya di SS 2 dengan catatan waktu tercepat pertama 03:22.6, Sabtu (28/10). Keesokannya, mereka kembali mencatatkan waktu tercepat pertama 03:21.8 di SS 3 dan 03:20.6 di SS 4, Minggu (29/10). Dengan catatan waktu total 13:33.6, pembalap TGRI berhasil meraih podium pertama dengan selisih waktu 02.7 detik.

”Kami bersama tim TGRI membuktikan bahwa semangat pushing the limit for better perlahan mampu membawa tim kembali meraih juara nasional Kejurnas Sprint Rally 2023. Semoga kemenangan tahun ini dapat meningkatkan semangat tim TGRI untuk langsung meraih poin maksimal sejak seri pertama tahun depan,” ujar pereli TGRI, Ryan Nirwan.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x