Tips Singkat Memilih Dan Mengenal Oli Mesin Yang ‘Proper’

26 March 2024 | 10:18 am | Rizky Dermawan

Oli mesin merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam menjaga performa dan umur panjang dari sebuah mesin kendaraan. Alhasil, memilih pelumas yang benar dan tepat jadi jawabannya.

Meski begitu, tak sedikit pula para pemilik kendaraan acuh terhadap oli kendaraannya. Minimnya pengetahuan mengenai oli dan fungsinya menjadi penyebab utama kerusakan mesin.

Beragam pilihan jenis tipe oli dengan harga murah hingga mahal membuat Anda kerap bingung dalam menilik kemampuan pelumas ini.

Oli mesin

 

Intinya, Anda harus benar-benar memilih pelumas yang sesuai kebutuhan mesin. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih pelumas mesin kendaraan.

Cek Kode Sertifikasi API dan SAE pada Kemasan Oli

Buku manual adalah panduan resmi dari produsen kendaraan dan biasanya mencantumkan rekomendasi jenis oli yang sebaiknya digunakan. Informasi ini berharga karena produsen telah menentukan oli paling cocok dengan mesin kendaraannya. Oleh karena itu, manual book menjadi panduan terbaik untuk memilih oli yang sesuai dengan jenis kendaraan.

Terdapat kode-kode yang mengacu pada jenis oli yang sesuai. Kode ini mengikuti standar American Petroleum Institute (API) dan Society of Automotive Engineers (SAE). Pada SAE jika semakin tinggi angkanya, maka semakin kental tingkat viskositas oli. Sebaliknya Jika angka semakin rendah, maka oli akan semakin encer. Dan Anda akan dapat dengan mudah menemukan kode tersebut di kemasan. 

Baca juga :  Indonesia Jadi Basis Perakitan Kedua GAC Aion di ASEAN

Membeli Produk dari Toko dan Distributor Terpercaya

Ini tidak kalah penting dari apa mereknya. Selalu pastikan membeli oli dari outlet terpercaya demi jaminan keaslian. Dengan menggunakan oli yang asli, memastikan kita mendapatkan kualitas dan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

Menggunakan oli mesin yang sesuai dengan rekomendasi produsen adalah kunci untuk menjaga performa mesin dan memperpanjang umur mesin kendaraan.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x