Tom Cruise Berpeluang Punya Mobil Balapnya di Masa Lalu

22 September 2022 | 5:00 pm | Rizky Dermawan

Tom Cruise memulai karir balapnya pada seri kejuaraan balap SCCA di 1986.

Anda tentu mengenal sosok aktor film Tom Cruise. Namun tak banyak yang mengetahui jika di awal karirnya di era ’80-an, Tom Cruise adalah seorang pembalap mobil profesional. Jauh sebelum ia berperan sebagai seorang pembalap NASCAR dalam film Days of Thunder yang rilis pada tahun 1990.

Di sela karirnya sebagai aktor, Tom Cruise menjadi pembalap mobil tim Newman/Sharp di kejuaraan balap mobil Sports Car Club of America (SCCA). Bakatnya dalam mengemudi  membuat Cruise direkrut sebagai pembalap sekaligus menjadi anak didik Paul Newman. Pemilik tim yang  merupakan seorang pembalap mobil legendaris sekaligus aktor film.

Tahun 1986 Tom Cruise memulai karir balapnya di kelas Showroom Stock A pada seri kejuaraan balap SCCA menggunakan Nissan 300ZX. Ia pensiun di penghujung era ’80-an akibat kecelakaan parah yang dialami saat balap. Bersamaan dengan kesibukan yang dilakoninya pada penggarapan film Days of Thunder.

Salah satu mobil balap Nissan 300ZX yang pernah menjadi besutan Tom Cruise di seri balap SCCA kini tengah dilelang pada sebuah situs daring lelang mobkas Bring a Trailer. Menandainya gampang, bernomor start 70 dengan livery sponsor Canon dan Planters. Ini digunakan tahun 1987.

Diselamatkan Dari Junk Yard

Mobil ini sempat teronggok di junkyard selama beberapa tahun hingga kemudian dibeli oleh pemilik saat ini dan direstorasi pada tahun 2006 lalu. Mesin 3.0-liter V6 (VG30DE) bertransmisi manual 5-speed yang diusung mobil tersebut dilengkapi dengan kem racikan Jim Wolf Technologies serta sistem exhaust dan pengapian lansiran HKS.

Baca juga :  The New Kia Seltos Siap Diluncurkan Dengan Dua Pilihan Model

Body mobil dengan angka 8.208 km yang tercatat pada odometernya tersebut direstorasi seperti kondisi aslinya saat dipacu oleh di sirkuit balap. Seluruh area interior dipertahankan sesuai spek dan kelengkapan balap aslinya. Mobil ini pernah membawa Tom Cruise meraih podium 3 saat berlaga di sirkuit Daytona International Raceway, di Florida di tahun 1987.

Akankah lelang mobil ini bakal dimenangkan oleh Tom Cruise dan menjadi bagian dari koleksinya? Sepertinya bukan hal yang mustahil bagi sang Maverick.

4.5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x