Toyota All New Kijang Innova Zenix 2022 Meluncur

21 November 2022 | 3:00 pm | Rizky Dermawan

Peluncuran perdana Toyota All New Kijang Innova Zenix akhirnya berlangsung di Jakarta. hari ini (21/11/2022). Info perubahan baru yang signifikan perihal Multi-Purpose Vehicle (MPV) 7-seater ini adalah seputar platform dan mesin yang digunakan.

Ada satu hal yang membuat penasaran kami sejak beberapa bulan silam, yakni nama Zenix. Akhirnya terjawab yang pada hari ini, Zenix merupakan akronim dari kata Zenith yang berarti puncak dan X yang mewakili karakter crossover.

Perubahan Total 

Toyota All New Kijang Innova Zenix mengalami perubahan platform. Konstruksi ladder frame digantikan oleh TNGA (Toyota New Global Architecture). Seperti yang telah kami perkirakan, Innova generasi terbaru akan hadir dalam varian bermesin bensin 2.0-liter.  Versi Hybrid mengusung mesin bensin yang dipadukan dengan penggerak elektrik. Sedangkan versi mesin diesel hilang dari daftar pilihan. 

Kedua varian mengusung mesin terbaru bernama ‘Dynamic Force’. Platform TNGA yang kini digunakan oleh Innova sekaligus merubah sistem penggerak dari gerak roda belakang (RWD) menjadi gerak roda depan (FWD). 

Innova non-hybrid menggelontorkan tenaga hingga 171,5 hp dengan torsi 204,9 Nm. Penyalur output torsi dan tenaga mesin ke sistem penggerak pun tak lagi menggunakan transmisi otomatis biasa, namun digantikan oleh jenis transmisi CVT.

 

 

Sementara untuk Innova varian hybrid juga menggunakan mesin 2.0-liter Dynamic Force seri M20A, namun versinya berbeda yakni M20A-FXS. Tanpa modul hybrid, output tenaga maupun torsi maksimum dari mesin yang digunakan sedikit lebih kecil. Tercatat 183,4 hp bisa dihasilkan dari mesin dan penggerak listrik. Garansi baterainya diberikan hingga 8 tahun, agar pemilik kendaraan ini merasa tenang dan nyaman.

Baca juga :  Mitsubishi Dompleng Nissan Untuk Jualan di Amerika?

Dibandingkan versi non-hybrid, kompresi mesin yang bakal digunakan pada Innova varian ini sedikit lebih tinggi yakni 14:1. Transmisi yang digunakan pada versi hybrid serupa dengan varian non-hybrid. Dengan CVT, transfer daya dari mesin konvensional dan elektrik tidak akan terasa. 

Harga (on-the-road) Toyota All New Kijang Innova Zenix 2022 adalah sebagai berikut:

Tipe 2.0 G: Rp 419 juta

Tipe 2.0 V: Rp 467 juta

Tipe G Hybrid: Rp 458 juta

Tipe V Hybrid: Rp 532 juta 

Tipe Q Hybrid: Rp 611 juta

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x