class="post-template-default single single-post postid-17602 single-format-standard essb-8.5 aa-prefix-motom-">

Toyota Dream Car Art Contest Tampilkan Kreativitas Anak Indonesia

5 July 2023 | 10:28 am | Aldi Prihaditama

Setelah menjalani serangkaian aktivitas, lomba tahunan menggambar mobil impian Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) 2023 mencapai tahapan puncak, yakni dengan diumumkannya para pemenang lomba, 4 Juli 2023, bertempat di booth Toyota di Museum Angkut Batu.

President Director PT Toyota-Astra Motor, Hiroyuki Ueda, menyebutkan TDCAC telah menjadi salah satu kompetisi gambar terbesar di dunia yang telah dilaksanakan sejak tahun 2004. “Pelaksanaan Toyota Dream Car Art Contest di Indonesia juga membawa semangat untuk mengajak anak-anak Indonesia untuk berani bermimpi dan berinovasi demi terwujudnya dunia yang lebih baik. Baik terkait Future Mobility maupun terkait lingkungan dan isu-isu sosial,” ujarnya. 

Terdapat sejumlah program yang diterapkan 

Tahun ini, Toyota Indonesia selaku penyelenggara menggandeng Sekolah.mu, untuk mendesain kompetisi yang berdampak kuat bagi anak-anak Indonesia melalui serangkaian program, yaitu:

  • Enlightening Education (Pendidikan yang Mencerahkan), kegiatan belajar interaktif dengan fokus pada pembinaan kreativitas, imajinasi, dan inovasi sekaligus meningkatkan kesadaran dan empati mereka terhadap masalah lingkungan dan sosial.
  • Inspiring Art Competition (Kompetisi Seni yang Menginspirasi), kompetisi menggambar mobil impian masa depan yang dapat menjawab tantangan lingkungan dan sosial.
  • Empowering Community (Memberdayakan Komunitas), Toyota Indonesia memahami bahwa pendidikan adalah tanggung jawab bersama. Dimulai dari tahun ini, TDCAC mengajak orang tua dan guru-guru untuk mengikuti berbagai aktivitas, termasuk lokakarya pengajaran STEAM (Science, Tech, Engineering, Art, and Math).

6.161 karya diterima oleh TDCAC

Serupa TDCAC sebelumnya, kategori lomba terdiri dari 3 yaitu: Kategori 1 (usia di bawah 8 tahun), Kategori 2 (usia 8-11 tahun), serta Kategori 3 (usia 12-15 tahun). Pada tahun ini, TDCAC menerima 6.161 karya yang berasal dari 23 provinsi di Indonesia. Jumlah ini meningkat hampir tiga kali lipat dibanding tahun lalu, yang sebanyak 2.276 karya. Semua karya yang masuk pun dinilai oleh pakar seni dan psikolog yang kompeten di bidang masing-masing.

Sebanyak 3.235 karya lolos pada seleksi tahap pertama, yakni tahap Seleksi Ide. Pada tahap selanjutnya, disortir lagi menjadi 300 karya terbaik atau 100 karya terbaik di tiap kategori. Ke-300 karya tersebut kemudian diseleksi menjadi 30 besar dan 9 besar, serta 2 pemenang kategori khusus (Best Indonesian Theme dan Best Inspirational Awards).

Untuk pertama kalinya dalam pelaksanaan TDCAC, 300 ide dan karya terbaik kini ditampilkan dalam pameran karya melalui galeri virtual yang dapat diakses di tautan www.tdcacindonesia.com yang dapat diakses dari mana saja, dan oleh siapa saja.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x