Toyota GR Corolla dan Honda Civic Type R Meluncur Bersamaan di Thailand

4 December 2022 | 2:00 pm | Indra Alfarisy

Thailand secara resmi mengumumkan kehadiran dua ‘mobil panas’ di pasar mereka, 1 Desember lalu. Keduanya adalah Toyota GR Corolla dan Honda Civic Type R generasi terbaru. Debut kedua mobil tersebut, menandai kehadiran perdana mereka di pasar ASEAN.

Toyota GR Corolla dibekali mesin tiga silinder 1,6 liter dengan daya puncak 296 hp. Torsi puncaknya 370 Nm. Serupa GR Yaris, mobil ini juga dibekali penggerak empat roda (AWD) yang dikembangkna dari sistem yang digunakan oleh Yarsi WRC. Daya bisa dibagi 50:50 antara roda depan-belakang, atau 30:70.

Toyota GR Corolla

Namun seperti di pasar negara asalnya, Corolla kencang ini hanya tersedia dalam jumlah terbatas. Hanya sembilan unit yang disediakan untuk Thailand. Tidak dijelaskan apakah nantinya kuota itu akan bertambah. Diimpor langsung dari Jepang, Toyota Thailand menghargai mobil ini setara Rp 1,760 milyar.

Interiornya sangat sporty. Jok bucket dengan balutan alkantara dan log GR terpampang jelas. Instrumen berupa layar digital untuk memberikan informasi berkendara. Sementara layar multimedia dengan kmempuan Apple Carplay dan Android Auto tegak di dashboard.

Interior GR Corolla

Masuk ke Indonesia? Mungkin saja. Tapi pasti dalam jumlah terbatas juga, seperti GR Yaris. 

Harga Honda Civic Type R Beda Tipis

Sementara itu, kubu Honda juga meyuarakan kehadiran Honda Civic Type R terbaru (FL5) di pasar setempat. Ini untuk pertama kalinya ada Civic Type R yang dijual di Thailand. Honda Thailand tidak menyebutkan berapa banyak FL5 yang akan dijual di negara itu. Namun kami yakin, kuotanya pasti tidak banyak.

Baca juga :  Tujuh Tahun Wuling Melaju di Indonesia

HOnda Civic Type R

Honda Civic Type R generasi keenam ini belum secara resmi memiliki harga. Tapi dikutip dari WAPcar, diperkirakan tidak jauh berbeda dengan GR Corolla.

Di balik kap mesinnya, Civic Type R dibekali mesin K20. Konfigurasi empat silnder dengan imbuhan turbocharger dan VTEC. Tenaganya 326 hp dengan torsi maksimum 420 Nm. Ya, inilah Civic Type R paling bertenaga yang pernah dibuat. Dan angka spesifikasi itu lebih besar dari GR Corolla. Transmisi 6-speed manual bertugas menyalurkan daya ke roda depan.

interior civic type r 2023

 

Interiornya terlihat lebih agresif dengan laburan merah di jok dan karpet. Joknya juga sudah model bucket, sementara desain dashboard lebih sederhana karena minim lekukan. Instrumen dan sistem multimedia juga sama, sudah dibekali layar digital.

Khusus Type R, kemungkinan Honda Prospect Motor akan membawa juga ke Indonesia. Seperti diketahui, generasi sebelumnya sudah diedarkan di tanah air.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x