Toyota IMV 0 Dan Rangga Bakal Diproduksi?

13 November 2023 | 4:00 pm | Rizky Dermawan

Kemunculan mobil konsep Toyota IMV 0 dan juga konsep pickup Rangga di Tokyo, Jepang masih terbilang hangat. Bahkan masih cukup banyak pertanyaan seputar mobil konsep tersebut yang belum terjawab.

Mendadak tersiar kabar bahwa kedua konsep pickup tersebut bakal segera diproduksi dan akan mulai dipasarkan pada tahun 2025 mendatang.

Sebuah label nama yang sempat sayup-sayup beredar yakni Hilux Champ. Hmmm… Apakah bakal terjadi lagi seperti awal kemunculan Innova Zenix?

Desain modular yang diusung konsep pickup IMV 0 dan Rangga yang fleksibel memungkinkan untuk mengaplikasikan beragam bentuk dan varian sesuai kebutuhan.

Kendaraan seperti ini tentunya sangat potensial untuk bermain di kawasan dengan pangsa pasar kendaraan niaga ringan yang cukup gemuk. Selain kawasan ASEAN termasuk Thailand dan Indonesia, pangsa pasar di India pun sangat meyakinkan.

Mesin Hybrid Atau Diesel?

Toyota belum mengungkap secara gamblang perihal spek teknis dari mobil bersasis ladder-frame ini. Rancang bangun mobil ini dikatakan merupakan hasil pengembangan dari Hilux dan Fortuner.

Opsi mesin bensin bermodul hybrid dan juga mesin diesel yang dimiliki Hilux dan juga Fortuner kemungkinan besar bakal digunakan. Sementara untuk sistem penggeraknya yakni RWD dan 4×4 (Tetradrive).

Salah satu pilihan yang cukup banyak digunakan saat ini adalah mesin diesel 4-silinder 2.8-liter dengan teknologi VNT (Variable Nozzle Turbo). Mesin berkode 1GD-FTV ini digunakan pertama pada Toyota Fortuner Legender spek Thailand sejak tahun 2020 dan juga pada Fortuner yang kini dipasarkan di Indonesia.

Baca juga :  Honda BR-V N7X Edition Pakai Tampilan Konsep Awal

Tenaga maksimum 201 hp yang dicapai pada rentang 3.000-3.400 rpm. Torsi maksimum sebesar 500 Nm bermain di putaran rendah, kisaran 1.600-2.800 rpm. Performa yang terbilang cukup untuk kategori kendaraan niaga ringan.

Bisa Jadi Ada Varian Hybrid

Untuk varian hybrid, mungkin akan seperti Hilux spek Australia yang menambahkan modul mild-hybrid 48V pada mesin turbo diesel 2.8.

Lantas bagaimana untuk opsi mesin bensin dengan modul hybrid? Apakah ada kemungkinan bakal mengusung mesin dari Innova Zenix Hybrid? Atau bakal ada opsi mesin hybrid lainnya?

Selain model pickup, dikabarkan bakal muncul pula dalam versi SUV. Perihal tampilannya akan seperti apa, masih belum ada informasi lebih lanjut. Tentunya saat ini tengah dipersiapkan secara matang oleh pihak R&D Toyota.

Soal label nama, apakah Toyota IMV 0 bakal terlahir sebagai Hilux Champ ataukah Rangga? Kita tunggu saja potongan-potongan puzzle yang akan muncul selanjutnya…

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x