Toyota Starlet Akan Hidup Kembali, Ada Versi GR!

16 September 2024 | 10:33 am | Indra Alfarisy

Buat penyuka mobil retro, ini berita bagus. Toyota dikabarkan sedang mempersiapkan mobil baru dengan nama Toyota Starlet. Bukan cuma mobil hatchback untuk keluarga, tapi mereka juga menelisik kemungkinan untuk mengeluarkan versi GR!

Dikabarkan situs otomotif Jepang, bestcarweb raksasa otomotif tersebut sedang menggali kemungkinan pengganti Toyota Passo/Daihatsu Boon yang sudah tidak lagi diproduksi. Diperkirakan, Starlet akan hadir pada 2026 mendatang.

Saat ini, nama Toyota Starlet memang masih digunakan. Terutama di pasar Afrika Selatan. Tapi mobil itu adalah versi rebadge Suzuki Baleno, bukan asli Toyota. Yang baru nanti, formatnya hatchback lima dan tiga pintu. Basisnya adalah platform TNGA-B yang dipakai juga oleh Yaris dengan penggerak roda depan.

Mesin Downsize

Toyota Starlet

Mesinnya belum diketahui tapi versi GR diperkirakan sedang disiapkan mesin 1,3 liter. Mesin ini adalah versi downsize penggerak G16E-GTS yang dipakai GR Yaris dan GR Corolla yang berkapasitas 1,6 liter. Dikatakan, mampu menghasilkan 150 hp dengan bantuan turbocharger. Untuk menyalurkan daya, untuk awal akan tersedia transmisi 6-speed manual.

Soal tenaga, meski terdengar biasa tapi Starlet ini akan punya bobot kurang dari satu ton. Tepatnya 980 kg. 300 kg lebih ringan dari GR Yaris. Menarik, kan?

Toyota Starlet TRD

Tidak kalah menarik adalah, akan ada versi Starlet rally. Disiapkan untuk turun di kelas WRC 4 dengan gerak roda depan. Berita bagus untuk para pemula yang mau mulai rally.

Baca juga :  EQS Selesai, Halo Mercedes-Benz S-Class EV!

Nah, yang jadi catatan, sesuai regulasi WRC untuk bisa berkompetisi Toyota harus mempersiapkan 25.000 unit versi jalan rayanya.

Rumor Mobil Retro Toyota

Belakangan ini, Toyota memang jadi perhatian kami karena mereka beberapa kali dikabarkan akan menghidupkan kembali nama-nama lama. Contohnya Toyota Celica dan MR2.

Selain itu, yang sudah pasti sedang digodok adlaah Toyota Supra versi GRMN dan Toyota Land Cruiser chassis pendek. Yang terakhir itu, Toyota perlu untuk berkompetisi dengan SUV macam Ford Bronco Sport, Land Rover Defender 90 dan lainnya.

Sumber: Bestcarweb

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x