Toyota Urban Cruiser Taisor Tampil Perdana Di India

5 April 2024 | 2:21 pm | Rizky Dermawan

Toyota resmi meluncurkan Urban Cruiser Taisor di India pada Rabu, (3/4) kemarin.

Compact SUV terbaru Toyota ini sebenarnya adalah versi rebadged dari Maruti Suzuki Fronx yang muncul pada tahun 2023 lalu di India.

Meskipun berbasis dari model mobil milik Maruti Suzuki, kemasan tampilan tetap dengan gaya Toyota. Sama seperti Suzuki Grand Vitara dan kembarannya yakni Toyota Urban Cruiser Hyryder yang beredar di India.

Secara keseluruhan siluet bodi serupa. Tentunya sejumlah detail eksterior dikemas ulang agar tak terlalu kembar ‘plek’ dengan Suzuki Fronx.

Desain grille dengan imbuhan emblem Toyota tentunya, lampu depan mengadopsi gaya dari Toyota Land Cruiser 300 Series.

Lampu belakang sudah menggunakan LED dengan model melebar. Bumper depan dan belakang serta pelek alloy 16-inci tampil beda dan lebih sporty.

Serupa Tapi Beda Gaya

Layout dashboard mobil ini masih diadopsi dari Suzuki Fronx. Head unit fitur infotaintment dengan layar digital 9-inci, panel instrument di balik setir model analog, fitur head-up display, serta wireless charging pad sama seperti Suzuki Fronx.

Fitur keselamatan dan bantu berkendara pada mobil ini terbilang sangat lengkap. Mulai dari kamera 360°, 6 airbag, hill-hold assist, sensor parkir mundur, hingga electronic stability control (ESC) jadi kelengkapan standar.

Dari segi dimensi, Toyota Urban Cruiser Taisor dikatakan memiliki panjang bodi hampir seukuran Suzuki Fronx yang panjang bodinya 4.345 mm. 

Baca juga :  BMW i4 dan 4 Series Gran Coupe Alami Pembugaran Luar Dalam

Berapa panjang jarak sumbu roda compact SUV Toyota ini belum diumumkan. Namun kemungkinan tak akan selisih jauh atau mungkin sama seperti Suzuki Fronx yakni di angka 2.520 mm. 

Mesin Bensin Atau BBG?

Sebagai sumber penggerak, Toyota Taisor mengadopsi mesin yang sama dengan Suzuki Fronx.

Untuk mesin bensin 1.2-liter non-turbo memiliki tenaga 89 hp dengan torsi 113 Nm. Mesin bensin 1.0-liter turbo dibekali modul mild hybrid. Outputnya sedikit lebih besar yakni 99 hp dengan torsi maksimum 148 Nm.

Untuk opsi transmisi, varian bermesin 1.2-liter non-turbo tersedia dengan transmisi manual 5-speed dan AMT 5-speed. Untuk varian bemesin turbo tersedia opsi transmisi manual 6-speed dan automatic 6-speed plus torque converter.

Bagi yang ingin versi BBG (bahan bakar gas), tersedia kit konversi untuk mesin 1.2-liter non-turbo. Varian ini hanya tersedia dalam opsi transmisi manual 5-speed.

Untuk pembanding, di Indonesia mobil ini akan sekelas dengan Kia Sonet. 

Harga termurah di India, mulai dari 7,73 lakh rupee atau setara Rp 146,5 jutaan untuk varian 1.2 E MT. Varian termahal yakni 1.0 V AT DT label harganya mulai dari 13,03 lakh rupee atau sekira Rp 247 jutaan.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x