Toyota Veloz di Malaysia Beda Dengan Versi Tanah Air

20 October 2022 | 9:00 am | Aldi Prihaditama

Toyota Veloz versi Malaysia diproduksi oleh pabrik milik Perodua.

Toyota Veloz terbaru versi Malaysia akhirnya mengaspal pada 18 Oktober 2022 silam. Seiring dengan diluncurkannya Veloz, maka kemungkinan besar berakhir pula kiprah Avanza di negara tersebut. Tentu hal ini menjadi strategi yang berbeda dari Indonesia, sebab awalnya Veloz menjadi varian tertinggi dari Avanza.

Setelah generasi Avanza yang menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA) diperkenalkan, maka Veloz dipisah menjadi model berbeda menggunakan basis yang sama. Di Indonesia, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia diproduksi oleh fasilitas perakitan milik Daihatsu. Sedangkan khusus untuk Toyota Veloz dibuat oleh fasilitas perakitan milik Toyota.

Di Malaysia sendiri, Toyota Veloz diproduksi oleh pabrik milik Perodua. Mengapa Toyota Avanza ‘sudahan’ main di pasar Malaysia? Sebenarnya belum, karena tetap diproduksi bersamaan Veloz versi Malaysia dan identitasnya berubah menjadi Perodua Alza. Hmm, ternyata cuma ganti nama saja…

Kalau menilik dari beberapa gambar resmi dan sejumlah foto unit di sebuah dealer Toyota, Veloz di Malaysia punya ‘hero color’ warna biru dengan aksen hitam pada bagian atapnya. Kombinasi two-tone ini memang cukup atraktif, terlebih tidak ada opsi warna tersebut pada Toyota Veloz versi Indonesia.

Karena dirakit secara lokal oleh Perodua, wajar saja jika ada perbedaan lain dengan versi Indonesia. Mulai dari opsi warna silver two-tone dengan aksen hitam pada atap, lampu DRL LED berbentuk strip, hingga sejumlah fitur lain pada interiornya. Terdapat beberapa detail yang agak berbeda pada Veloz versi Malaysia.

Baca juga :  Zeekr Hadir di Indonesia, Tidak Biasa Namun Siap Menggoda

Seperti head unit layar sentuh berukuran 9 inci yang serupa dengan milik Perodua Alza terbaru. Perangkat ini juga sudah memiliki koneksi Android Auto dan Apple Carplay. Lalu juga tersedia tombol untuk mengaktifkan Adaptive Cruise Control (ACC) di bagian sebelah kanan setir. Untuk fitur unggulan seperti wireless charging, ambient light, serta 6 buah airbag tetap tersemat pada Veloz versi Malaysia.

Mesin yang dipakai tetap sama dengan versi Indonesia, yaitu 2NR-VE Dual VVT-i berkapasitas 1.5 liter. Mesin ini dapat menghasilkan output sebesar 105 hp dan torsi 138 Nm, serta digandengkan dengan transmisi D-CVT. Harga Toyota Veloz versi Malaysia ini ialah RM 95.000 atau kurang lebih setara dengan Rp 321 jutaan.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x