UD Trucks Indonesia Siap Dukung B35 Dengan Quester Euro5

21 February 2023 | 6:07 pm | Rizky Dermawan

Sebagai salah satu negara yang pertama menerapkan biodiesel dengan kandungan tinggi, Indonesia mulai mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan beralih ke bahan bakar yang ramah lingkungan. Begitu juga dengan salah satu produsen truk di Indonesia, UD Trucks yang kini menyediakan solusi transportasi ramah lingkungan dan hemat energi dengan produk unggulannya, Quester.

UD Trucks Indonesia per Februari 2023 ini turut mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam menerapkan biodiesel B35 yang merupakan bagian dari komitmen Pertemuan Tahunan Conference of the Parties (COP)-27 UNFCCC di Mesir. Persiapan pun telah dilakukan UD Trucks sejak Maret 2022 lalu melalui peluncuran Quester Euro5.

Hal itu diungkapkan oleh Vice President PT UD Astra Motor Indonesia, Rahmat Samulo, terkait upaya UD Trucks dalam menggunakan bahan bakar diesel ini.

“Kami telah mempersiapkan produk terbaru UD Trucks yang dapat memenuhi standar B35 ini sejak tahun lalu. Melalui Quester Euro 5 ini, kami yakin bahwa para pelanggan UD Trucks dapat terus menggunakan produk kami untuk bisnis mereka,” ungkap Samulo.

Quester Euro 5 untuk B35

Selain dapat menggunakan bahan bakar B35, Quester Euro5 juga dibekali dengan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR). Sistem ini memastikan emisi gas buang lebih rendah dengan nitrogen oksida (NOX) yang diminimalkan. Teknologi ini dapat menggunakan bahan bakar diesel B35 dan tetap mempertahankan emisi gas buang yang diolah melalui Catalytic Converter dalam mengubah NOX menjadi gas nitrogen dan uap air dengan menyuntikkan cairan AdBlue ke dalam gas buang.

Baca juga :  Mini Cooper S 2-Door Siap Dipasarkan Mulai Mei 2024

Terapkan standar emisi Euro 5

Jangan takut, performa dan efisiensi mesin masih tetap sama karena semua komponen tambahan hanya bekerja setelah gas buang keluar dari mesin. Indikator AdBlue dapat dilihat pada instrument cluster kendaraan sehingga pengemudi mudah memantau jumlah AdBlue saat kendaraan beroperasi.

Christine Arifin, Marketing and Business Development Head UD Astra Motor Indonesia menekankan “Semua produk Quester dengan standar emisi Euro 5 akan dapat mengadaptasi perkembangan yang dilakukan saat ini melalui penggunaan bahan bakar B35. Kami berharap bahwa UD Trucks khususnya di Indonesia dapat terus dipercaya untuk membantu pelanggan menjalankan bisnis mereka dan berkontribusi pada lingkungan yang lebih sehat bagi masyarakat,” ujarnya.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x