Update Soal Mobil Aletra, Ini Beberapa Bocoran Yang Kami Dapat

2 September 2024 | 3:20 pm | Indra Alfarisy

Anda mungkin sudah dengar, akan ada merek mobil baru yang hadir di Indonesia. Namanya Aletra dan saat ini mereka sedang dalam masa uji jalan produk pertamanya. Kini, seonggok prototype Aletra MPV hadir di depan kami.

Aletra Cars Indonesia cukup berbaik hati dan mempersilahkan kami untuk duduk di kabinnya. Meski mereka dengan tegas mengatakan, ini kabin prototype. Bukan barang jadi. Makanya kami dilarang mengambil gambar interior. 

Menurut salah satu sumber kami di Aletra Cars Indonesia, interiornya akan lebih lengkap dan mewah. Termasuk hadirnya panoramic sunroof dan blower AC di sisi plafon. Selain itu, trim juga akan lebih baik dengan material empuk (padded).

Ia menegaskan bahwa mobil ini pengembangannya dilakukan atas permintaan Aletra untuk pasar Indonesia. Jadi spesifikasinya dipastikan berbeda dengan Maple 80V L yang beredar di negara lain. 

Mencoba sepintas sebagai penumpang, kami suka dengan bantingan suspensi yang berkualitas. Kekedapan kabin juga patut diacungi jempol. Meski ban mobil percobaan ini terasa berkompon keras. Hal itu juga diamini oleh pengujinya. Solusinya, versi produksi nanti akan memakai ban yang lebih berkualitas.

Langsung CKD

MPV Aletra di Indonesia

Kami yang penasaran lalu mencoba menggali lebih dalam soal produk Aletra yang berbentuk MPV. Seperti kami beritakan sebelumnya, mobil Aletra yang akan dijual berbasis Maple 80V L. Maple adalah salah satu anak perusahaan Geely Auto, yang juga menguasai Volvo, Proton, Lotus, Smart dan sebagainya.

Baca juga :  Wuling Starlight S Hadir Dengan Opsi Plug-In Hybrid Dan EV

Menurut sumber tersebut, mobil Aletra MPV akan dirakit langsung di Indonesia. Artinya, saat mulai dijual nanti, statusnya sudah CKD di pabrik mereka di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Tidak ada yang CBU. 

Selain itu, ia juga mengatakan tidak seperti Maple 80 L yang sudah beredar di beberapa negara, MPV Aletra ini akan menggunakan sistem penggerak terbaru buatan Geely Auto. Sebelumnya disebutkan kalau tenaganya akan menyentuh 134 hp (100 kW). Namun ternyata tidak. Tenaganya akan lebih besar. Namun tidak disebutkan seberapa besar.

Baterai Baru

Soal baterai juga dikatakan akan membuat mobil bergerak hingga 500-an km. Sebelumnya, mengacu pada 80V L yang sudah ada, dengan baterai berkepasitas 68,08 kWh mobil bisa menempuh 515 km. Soal baterai kemudian terungkap kalau Aletra akan menggunakan sumber energi listrik terbaru buatan Geely. “Baterainya diperkenalkan baru-baru ini saja,” ujar sang narasumber.

Nah, lagi-lagi sumber kami yang menolak disebutkan identitasnya, tidak bilang yang mana. Tapi bulan Juni 2024 lalu, Geely memperkenalkan baterai LFP short blade. Baterai ini diklaim memiliki umur yang lebih panjang, kemampuan charging jauh lebih baik dan pastinya lebih aman.

Aletra belum mengungkap nama mobilnya. Tapi dipastikan akan hadir di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) bulan Oktober 2024. Sekalian membuka keran pemesanan. Delivery-nya ditargetkan bulan Maret 2025 mendatang. Harga? Mereka menutup rapat. Tapi kami tidak akan terkejut kalau harganya diatas Rp 400 juta. 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x