Valentino Rossi Finish Posisi 6 di Bathurst 12 Hours

6 February 2023 | 8:02 pm | Rizky Dermawan

Tahun ini merupakan tahun pertama bagi Valentino Rossi berlaga di balap ketahanan Bathurst 12 Hours di Australia. Rossi bersama rekan satu timnya di WRT, mengandalkan mobil balap BMW M4 GT3.

Pada event balap berkategori pro-amatir ini, para pembalap harus menggerus aspal sirkuit Mount Panorama di New South Wales, Australia dengan panjang lintasan 6,213 km selama 12 jam. Bukan main-main.

Sesi latihan kedua yang berlangsung hari Jumat (3/2) lalu, Rossi berhasil menorehkan catatan waktu tercepat sebelum sesi balap Bathurst 12 Hours dimulai. Sebuah pertanda baik, mengingat sirkuit Mount Panorama terkenal dengan tikungan sangat menantang. Pasalnya, Rossi baru kali ini benar-benar mencicipi aspal Mount Panorama di sepanjang karir balapnya baik dengan motor maupun mobil balap.

“Mount Panorama merupakan salah satu trek yang cukup sulit dan sangat menantang. Bahkan saat saya mencobanya di simulator mulai dari PlayStation hingga iRacing.” ungkap Valentino Rossi seraya tertawa lebar.

Rossi Dan Tandemnya Finish Posisi 6

Penyelenggaraan balap ketahanan LIQUI MOLY Bathurst 12 Hour tahun ini memecahkan rekor pengunjung. Selama tiga hari, tercatat sekitar 53.446 penonton memadati sirkuit Mount Panorama dan memecahkan rekor tahun 2019. Mungkin debut balap perdana Valentino Rossi pada event ini menjadi salah satu penyebab membludagnya jumlah penonton.

Baca juga :  Kagama 4x4, Tetap Guyub dan Rukun di Usia Ketiga

Sejak start hingga sepanjang laga berlangsung diwarnai sejumlah drama, termasuk mobil balap yang ngadat. Sebuah hal yang lumrah terjadi pada ajang balap ketahanan. Mobil disiksa selama seharian nyaris tanpa henti kecuali masuk pit stop untuk ganti ban, isi bensin atau berganti pilot.

Bathurst 12 Hours tahun ini pun dimenangkan pembalap asal Perancis, Jules Guonon dari tim balap SunEnergy1 AKKodis ASP. Ia berhasil membawa Mercedes-AMG GT3 Evo besutannya mencapai finish di waktu terakhir dengan menyelesaikan 323 lap. Guonon tahun ini berlaga bersama Kenny Habul dan Luca Stolz dengan nomor start 75.

Kemenangan Jules Guonon tahun ini membuatnya menjadi pembalap Perancis pertama yang berhasil hattrick menjuarai Bathurst 12 Hour selama tiga kali berturut-turut. Valentino Rossi, Augusto Farfus dan Maxime Martin dengan BMW M4 GT3 No.46 bergumul selama 12 jam sebanyak 322 lap dan berakhir finish di posisi 6. Sementara BMW M4 GT3 No.32 dari tim WRT yang dipiloti oleh Charles Weerts, Dries Vanthoor dan Sheldon van der Linde, berhasil finish di posisi keempat dengan total 323 lap.

Awal yang cukup bagus bagi tim WRT, meski Rossi dan rekan semobilnya tak masuk ke posisi lima besar.

Lelang Amal Tim MARC I Mazda

Debut perdana Valentino Rossi pun disambut hangat tak hanya oleh para penonton, namun juga tim balap asal Australia, MARC I Mazda.

Baca juga :  Red Bull Racing Honda Terdepan di Grand Prix Spanyol 2024

Salah satu atap mobil balap MARC Mazda 3 V8 dari MARC I Mazda dihiasi gambar logo ‘The Doctor’ dan helm MotoGP dengan wajah Vale saat mengerem di tikungan San Donato ketika berlaga di sirkuit Mugello. Seluruh pembalap yang berlaga pun menandatangani atap mobil tersebut.

Seusai balap Bathurst 12 Hour, atap mobil dicopot dan dilelang. Seluruh dana dari hasil pelelangan tersebut didonasikan kepada badan amal Ronald McDonald House Charities. Well done, Vale…

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x