Varian Hybrid Terbaru Toyota Corolla Cross Resmi Dipasarkan Di Eropa

26 October 2022 | 1:04 pm | Rizky Dermawan

Toyota Corolla Cross Hybrid sudah bisa dibeli oleh konsumen Eropa. 

Setelah tampil di Paris Motor Show 2022 pada awal Oktober lalu, model terbaru Toyota Corolla Cross Hybrid resmi dipasarkan di kawasan Eropa. Dari segi tampilan eksterior, sematan grille model trapezoid ganda terlihat serasi dengan headlamp bi-LED. Fender yang melebar membuat body mobil ini menjadi terlihat kekar.

Untuk kemasan eksterior, tersedia empat pilihan warna baru dengan kombinasi atap berwarna hitam: Sonic Silver, Barcelona Red, Blue Crush Metallic dan Acidic Blast. Tersedia pula warna opsional (dengan biaya tambahan): Wind Chill Pearl, Sonic Silver Metallic, Jet Black Mica, Barcelona Red Metallic, dan Cypress Blue Crush Metallic.

Pada area interior, posisi duduk pengemudi yang tinggi memberi visibilitas ke arah depan yang lebih baik. Kabin penumpang pun terbilang cukup lapang sehingga nyaman digunakan sebagai kendaran harian keluarga.

Volume kargo di bagian belakang dapat diperbesar dari 433 liter menjadi 1.337 liter dengan melipat kursi belakang. Untuk memudahkan saat membuka pintu kargo belakang, Toyota pun menawarkan fitur opsional power hatch. Anda cukup menggoyangkan kaki di bawah bumper belakang dan sensor pendeteksi langsung akan membuka kunci pintu kargo belakang secara otomatis.

Ada paket berlangganan Toyota Smart Connect

Fitur baru yang disematkan pada interior Corolla Cross Hybrid yakni desain dasbor spesifik untuk pasar Eropa dengan layar instrumen digital 12.3-inci ‘combimeter’ (fitur standar pada seluruh varian). Sistem infotaintment dan multimedia serta paket jaringan Toyota Smart Connect yang ditampilkan pada layar sentuh berukuran 10.5-inci dilengkapi sistem navigasi berbasis cloud, voice assistant, serta koneksi ponsel (nirkabel untuk Apple CarPlay dan menggunakan kabel untuk Android Auto). Para konsumen pun mendapatkan paket berlangganan layanan jaringan digital Toyota Smart Connect secara gratis selama 4 tahun.

Baca juga :  Indonesia Jadi Basis Rantai Pasok Mobil Listrik GAC Aion Untuk Global

Tersedia dua varian mesin yang ditawarkan pada Corolla Cross Hybrid yakni 1.8 liter (hanya tersedia versi FWD) dan mesin 2.0 liter yang tersedia dalam varian berpenggerak FWD maupun AWD-i. Mesin bensin 4-silinder segaris 1.8 liter yang digunakan memiliki output tenaga 96 hp dan torsi 142 Nm. Sedangkan varian mesin 2.0 liter memiliki output daya lebih besar yakni 150 hp dengan torsi 190 Nm.

Motor penggerak yang digunakan pada sistem hybrid dibedakan berdasarkan jenis sistem penggerak. Pada varian FWD dibekali motor listrik berdaya 70 kW atau 94 hp, dengan torsi 185 Nm yang terpasang pada poros roda depan. Untuk varian AWD dibekali motor listrik dengan output 83 kW atau 206 Nm pada poros roda depan dan motor penggerak belakang beroutput 30 kW atau 83 Nm.

Transmisi eCVT menjadi fitur standar sekaligus opsi satu-satunya yang ditawarkan pada seluruh varian Corolla Cross Hybrid. Pun demikian, rasio gigi transmisi pada kedua varian mesin dibedakan, yakni 3.218:1 untuk mesin 1.8 liter dan 3.605:1 untuk varian mesin 2.0 liter.

Kecepatan maksimum yang berada di kisaran 170-180 km/jam, dengan akselerasi 0-100 km/jam di angka 9,9 detik untuk 1.8 liter dan 7,5 detik untuk AWD 2.0 liter (7,6 detik untuk versi FWD), terbilang lebih dari cukup untuk sebuah mobil keluarga dan kendaraan harian.

Baca juga :  Kejutan di IIMS Surabaya 2024, Ada SUV Seres 7!

Toyota Safety Sense menjadi fitur standar

Fitur keselamatan berkendara pada Toyota Corolla Cross Hybrid turut mengalami penyempurnaan. Kamera dan radar pendeteksi yang dibekalkan kini memiliki jarak pantauan yang lebih luas dibandingkan model terdahulu. Teknologi terbaru dari sistem keselamatan berkendara Toyota Safety Sense menjadi fitur standar pada seluruh varian Corolla Cross.

Mulai dari Pre-collision System, Intersection Collision Avoidance Support, Cruise Control, Panoramic View Monitor (PVM), Rear Cross Traffic Alert dan masih banyak lagi. Update software versi terbaru dari TSS (Toyota Safety Sense) pun dapat diunduh secara daring. Untuk kawasan Eropa, Corolla Cross Hybrid dipasarkan dengan harga mulai dari €24.000 (off-the road). Varian bermesin 1.8 liter untuk sementara hanya tersedia di Turki.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x