Vespa Batik Padukan Budaya Indonesia dan Italia

15 December 2022 | 12:00 pm | Aldi Prihaditama

Vespa sudah hadir di Indonesia sejak era 1950an. Sejak itu brand asal Italia ini langsung menjadi simbol status otomotif dan gaya hidup selama beberapa dekade. Dan terus relevan selama lintas generasi. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, PT Piaggio Indonesia mempersembahkan sebuah model yang terinspirasi dari kebanggaan dan budaya Indonesia, yakni Vespa Batik.

Vespa Batik hadir sebagai selebrasi atas warisan budaya Italia dan gaya hidup premium, dengan desain batik eksklusif. Motifnya dibuat oleh Iwan Tirta Private Collection. Tentunya nama itu sudah dipahami sebagai salah satu rumah desain batik terkemuka di Indonesia. Vespa Batik Special Edition mengemban misi mulia untuk melestarikan warisan batik melalui desain yang premium dan inovatif.

“Vespa Batik Special Edition adalah karya seni Italia dan Indonesia yang sesungguhnya yang dipersembahkan bagi bangsa Indonesia untuk merayakan keberagaman budaya yang disatukan oleh perspektif warisan yang modern melalui Vespa dan desain Batik,” kata Marco Noto La Diega, Country Head PT Piaggio Indonesia.

Batik menjadi kebanggaan dan warisan bangsa sebuah seni yang diakui oleh UNESCO (United Nations Education, Scientific and Cultural Organization) pada tahun 2009 sebagai ‘Budaya Tak Benda Warisan Manusia’ asal Indonesia. Sinergi antara Vespa dan desain Batik menghadirkan Vespa Batik Special Edition yang premium dan unik.

Baca juga :  GWM Punya Promo Menarik di Tengah Tahun 2024

Pola Tambal Jagad

Motif batik disematkan pada Vespa Batik Special Edition merupakan adaptasi dari pola tradisional ‘Tambal Jagad’. Pola ini memiliki makna filosofis yang mendalam dengan menggambarkan kolase berbagai pola batik tradisional. Terinspirasi oleh beragam latar belakang dan budaya, mewakili Indonesia sebagai negara kepulauan.

Desain pada Vespa Batik menampilkan perpaduan tujuh pola tradisional yang melambangkan keragaman budaya dari Sabang sampai Merauke, yang mewakili luas wilayah Indonesia dari Barat ke Timur. Adapun, motif batik tersebut adalah: Sokowani, Megamendung, Kawung, Perisai, Poleng, Tenun Ikat Menjangan, dan Ayam Kasuari.

Vespa Batik Special Edition mengusung pola batik yang dirancang untuk mempercantik tampilan motor tersebut. Mencerminkan perpaduan sempurna antara gaya hidup premium dengan kekayaan warisan budaya.

Vespa Batik ditawarkan satu set lengkap dengan Genuine Vespa Batik helmet yang eksklusif dan top box Vespa Batik dengan warna dasar Green Relax yang dikagumi oleh semua penggemar Vespa. Skuter edisi khusus ini dipamerkan di sejumlah dealer resmi untuk merek-merek Piaggio Group di seluruh negeri.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x