Vespa GTS Tampil Lebih Beragam dan Punya Banyak Fitur Modern

10 October 2022 | 7:00 pm | Aldi Prihaditama

Vespa GTS telah menjadi pilihan bagi banyak skuteris di dunia.

Seri GTS meneruskan karakter ‘Vespone’ atau skuter Vespa yang memiliki bodi berdimensi besar dan banyak menggunakan material logam. Vespa GTS tak hanya terlihat elegan saat digunakan di perkotaan, namun juga mantap untuk penggunaan luar kota.

Vespa modern bodi large frame hadir di tahun 2003, dengan varian GT 125 dan GT 200. Dilanjutkan dengan kehadiran GTS 250 di tahun 2005 dan disusul GTS 300. Di tahun 2016, Vespa mendapat opsi mesin i-get berkapasitas 125 cc dan 150 cc. Nah, sebagai puncaknya lahir GTS dengan mesin 300 HPE bertenaga 23 hp di tahun 2019. Diiringi oleh GTS SuperTech yang menjadi Vespa large body dengan panel instrumen TFT.

Di tahun ini, seluruh Vespa GTS semakin disempurnakan dengan menggabungkan sejumlah peningkatan teknis, terkait aspek keselamatan dan kenyamanan berkendara, serta detail tampilan fisiknya. Jajaran Vespa GTS kini memiliki masing-masing karakter, yakni GTS yang klasik dan elegan, GTS Super yang bergaya kontemporer, GTS SuperSport berpenampilan sporty, tak ketinggalan GTS SuperTech yang mutakhir.

Semua Vespa GTS tersedia dengan beberapa pilihan mesin 1 silinder, yaitu 125 cc i-get yang populer dan 300 cc HPE yang bertenaga besar. Keduanya diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang baik dan tingkat emisi gas buang yang rendah.

Baca juga :  Bosch Beri Ribuan Wiper Untuk Driver Taksi Online

Ada dua pilihan mesin inovatif

Mesin 125 cc i-get memiliki sistem pendingin cairan dan mengadopsi sistem start-stop yang dipatenkan oleh Piaggio, yakni Regulator Inverter Start & Stop System (RISS). Fitur ini mengeliminir dinamo starter konvensional dan digantikan dengan komponen brushless yang terpasang langsung pada kruk as. Mesin ini memiliki tenaga 13,8 hp dan torsi 12 Nm, sangat memadai untuk penggunaan di dalam kota.

Sedangkan mesin 300 cc HPE (High Performance Engine) pada Vespa GTS mempunyai tenaga sebesar 23,8 hp dan torsi puncak 26 Nm. Mesin satu silinder dengan 4 buah klep ini dikembangkan oleh Piaggio Group untuk memberikan tingkat konsumsi bahan bakar yang efisien, tanpa harus kompromi dengan tingkat kebisingan suara.

Unit 300 HPE ialah mesin dengan performa tertinggi yang pernah digunakan pada skuter Vespa. Sistem manajemen mesinnya diatur oleh ECU MIUG4 buatan Marelli Magneti, sedangkan sistem penggerak CVT menggunakan material yang minim friksi dan suara, serta dikemas dengan material yang mampu menyerap suara bising.

Panel instrumen TFT yang berwarna memang sudah diterapkan pada GTS SuperTech versi sebelumnya, namun kini panel instrumen pada varian lainnya juga mendapat sentuhan penyegaran tampilan. Sistem konektivitas VESPA MIA yang telah menjadi fitur standar pada GTS SuperSport dan GTS SuperTech, kini juga menjadi opsi bagi GTS dan GTS Super. Mengingat penggemar skuter Vespa di Indonesia tergolong banyak, maka tak lama lagi varian ini (semestinya) masuk ke pasar Tanah Air. Kita tunggu saja…

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x