Vespa World Days 2024 Dihadiri Tiga Puluh Ribu Vespisti

26 April 2024 | 5:30 pm | Rizky Dermawan

Setelah meriahkan pulau Bali di tahun 2022 lalu, kini pesta Vespa World Days 2024 sukses digelar di Pontedera, Pisa pada Minggu, (21/4).

Pagelaran ini sekaligus merayakan 140 tahun berdirinya Piaggio Group, tepat di kota kelahiran Vespa dan diproduksi tanpa henti sejak 1946. Yang unik, ini pertama kalinya para Vespa Clubs dari seluruh dunia berkumpul dan berhasil mencatatkan rekor baru.

Sebanyak tiga puluh ribu Vespisti memadati venue. Sebanyak dua puluh ribu Vespa tiba dari setiap negara Eropa. Mereka dipimpin oleh banyak perwakilan dari Jerman, Perancis, Inggris, Spanyol, Hong Kong, Australia Mexico, Indonesia dan juga dari negara dan benua lain.

Parade akbar Vespa digelar pada Sabtu (20/4) berhasil memecahkan rekor dari kegiatan sebelumnya. Sebanyak 15 ribu Vespa bergerak dari Pontedera melintasi perbukitan Valdera.

Terlihat juga display berbentuk ular warna-warni sepanjang lebih dari 16-kilometer yang menampilkan sejarah Vespa. Mulai dari 98cc yang paling awal dan paling langka hingga model GTS dan Primavera yang ultra-modern.

Sepanjang acara, Museum Piaggio diserbu ribuan pengunjung setiap hari, begitu pula tur pabrik Vespa pada hari Sabtu dan Minggu.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan penghargaan bagi Vespisti yang berpartisipasi dalam kompetisi yang memperebutkan piala touring. Setiap klub diminta menunjukkan pemberhentian di sepanjang perjalanan mereka ke Pontedera dengan foto dan cap khusus di buku perjalanan mereka.

Baca juga :  PEVS 2024 Genjot Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Majelis Vespa World Club menyetujui proposal dari Vespa Club of Spain dan Vespa World Days 2025 akan diselenggarakan di kota Gijón, di Asturias, dengan Samudera Atlantik menjadi panoramanya.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x