VW ‘Kecebong’ Jadi Juara Hot Wheels Legends Indonesia

22 August 2022 | 12:10 pm | Aldi Prihaditama

Hot Wheels Legends Tour mencari mobil modifikasi terunik dan terbaik dari seluruh dunia.

Anda suka Hot Wheels? Sepertinya kecil kemungkinannya untuk menjawab tidak. Karena kami pun sulit untuk tidak menyukai Hot Wheels, apalagi yang edisi terbatas… Belum lama ini, brand asal Amerika tersebut menggelar kompetisi Hot Wheels Legends Tour Indonesia. Terdapat ratusan pendaftar yang kemudian tersaring menjadi 30 mobil modifikasi yang akan dipajang dan dipertunjukkan.

Para juri lalu melakukan penilaian secara langsung. Selanjutnya mengumumkan pemenang dan perwakilan Indonesia ke tahap selanjutnya. Hot Wheels Legends Tour memiliki misi dalam pencarian mobil modifikasi terunik dan terbaik dari seluruh dunia. Ada beberapa tahap kompetisi dan pemenang dari kompetisi Hot Wheels Legends Tour ini akan diabadikan sebagai miniatur mobil diecast Hot Wheels berskala 1:64 yang akan diproduksi dan dipasarkan secara masal ke seluruh dunia.

Tahap registrasi Hot Wheels Legends Tour Indonesia dilakukan selama periode 3 bulan, dari tanggal 1 Juni sampai dengan 8 Agustus 2022. “Setelah empat tahun dan puluhan acara telah digelar, sungguh luar biasa melihat perkembangan Hot Wheels Legends Tour, baik di Amerika Serikat maupun di luar Amerika Serikat,” kata Ted Wu, selaku Vice President, Global Head of Design for Vehicles, Mattel.

Hot Wheels Indonesia berkolaborasi dengan Indonesia Diecast Expo (IDE) dan The Elite, dan penjurian oleh juri dari lokal maupun global pun sudah dilakukan. “Antusiasme para penggemar modifikasi Indonesia untuk mengikuti Hot Wheels Legends Tour Indonesia ini sangat besar sekali yang terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar. Mobil yang sangat variatif dan memiliki kelebihan masing-masing membuat kami harus lebih teliti untuk memilih pemenangnya,” kata Didiet Banditoz, pemilik rumah kustom Banditoz Garage, sekaligus juri dari Hot Wheels Legends Tour Indonesia.

Baca juga :  ETLE Face Recognition, Tilang Elektronik Kini Bisa Kenali Wajah

Puncak acara dari perjalanan Hot Wheels Legends Tour Indonesia ini akan diselenggarakan di QBIG BSD City, Kabupaten Tangerang pada tanggal 20-21 Agustus 2022. Hot Wheels Indonesia akan mengadakan pameran yang menampilkan 30 mobil modifikasi terbaik dari kompetisi Hot Wheels Legends Tour Indonesia dan tim juri akan melakukan penilaian secara langsung, mengumumkan pemenang di hari yang sama.

Dalam menentukan pemenang, kriteria penjurian akan melihat dari 5 elemen: yang pertama adalah Hot Wheels Story atau juri ingin melihat sedalam apa peserta terinspirasi dari mobil-mobil diecast Hot Wheels dalam memodifikasi mobil mereka. Kedua, dari sisi desainnya apakah memiliki karakteristik seperti desain mobil diecast Hot Wheels yang mencengangkan. Yang ketiga adalah orisinalitas dari karya modifikasi juga menjadi hal penting yang akan dilihat para juri.

Keempat, ada semangat pembuatan atau garage spirit. Seperti tagline Hot Wheels, ‘It’s built not bought’, garage spirit ini akan menilai elemen-elemen modifikasi penting yang menitikberatkan dari sisi pembuatannya, bukan modifikasi yang tinggal beli dan pasang. Yang terakhir adalah performa dan keasyikan berkendara dalam penggunaan modifikasi mobil tersebut, apakah masih layak dan menyenangkan apabila dikendarai di jalanan.

Pemenang Hot Wheels Legends Tour Indonesia akan mendapatkan kesempatan masuk dalam Semifinal APAC (Asia Pasifik), dimana pemenang dari beberapa negara seperti dari Malaysia, Filipina, Jepang, Australia dan New Zealand akan diadu sebelum berlanjut ke Semifinal Global yang akan mempertandingkan juara dari masing-masing region. Ajang Semifinal Global sendiri pun akan dilakukan secara virtual oleh para juri global dari Hot Wheels Amerika pada bulan Oktober 2022.

Baca juga :  Ini Dia Rimac Nevera 15th Anniversary Edition Seharga Rp 41 Miliar

Setelah melakukan penilaian secara komprehensif, juri sudah menentukan pemenang dari Hot Wheels Legends Tour Indonesia, Denny Kusumah. Ia merupakan pemenang pertama dari Indonesia dalam program global tahunan Hot Wheels Legends Tour ini dan bersiap-siap untuk mengikuti babak selanjutnya yaitu babak kualifikasi se-Asia Pasifik. Modifikasi yang boleh dibilang sangat ekstrim ini memadukan dua jenis mobil Volkswagen (VW) yang berbeda menjadi satu mobil. Bentuknyanpun jadi seperti seekor kecebong mungil.

Dengan memotong chassis langsung dari tengah dengan keseluruhan body mobil VW Kombi pada bagian depan lalu menyambungnya dengan buritan mobil VW Beetle memang sangat terlihat ekstrim. Dan hebatnya, mobil ini dapat berjalan dengan handlingnya yang normal. Pengerjaannya sendiri memakan waktu cukup lama yaitu hingga 3 tahun.

“Saya sangat senang dan bangga bisa menjadi pemenang Hot Wheels Legends Tour Indonesia dan mewakili negara saya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu berkompetisi dengan negara-negara lainnya,” kata pria asal kota Bandung itu. Denny Kusumah berhasil menyingkirkan seluruh peserta dari Indonesia yang totalnya sebanyak 130 mobil modifikasi dan pada babak final Indonesia berhasil menyingirkan sekitar 29 mobil modifikasi lainnya yang langsung dinilai oleh para juri lokal dan juga global.

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x