Wuling Asta HEV, SUV Hybrid Pertama Wuling Resmi Dijual

31 August 2022 | 3:05 pm | Indra Alfarisy

Wuling resmi menjual Asta HEV, mobil hybrid murah untuk menyasar pasar menengah. Torsinya menggiurkan.

Wuling perkenalkan SUV hybrid baru yang akan mengisi posisi di bawah Almaz. Hebatnya lagi, ini adalah mobil hybrid pertama mereka. Namanya Wuling Asta HEV. Mobil ini resmi dijual di China sejak 30 Agustus lalu. Apa bagusnya?

Seperti dibilang tadi, Asta adalah Hybrid Electric Vehicle (HEV)pertama yang dikembangkan langsung oleh SGMW. Target pasarnya keluarga muda yang baru mulai mapan di negeri Tirai Bambu itu. Untuk bergerak, Wuling Asta mengandalkan mesin empat silinder 2.0 liter NA (Naturally Aspirated/tanpa turbo atau supercharger) yang dikombinasikan dengan penggerak listrik dengan sumber daya baterai Lithium.

Menurut klaim SGMW, kedua penggerak Wuling Asta itu bisa menghasilkan tenaga 134 hp dengan torsi puncak 320 Nm. Tenaganya biasa saja. Torsinya menggiurkan! Penyalur daya memanfaatkan transmisi baru yang disebut DHT (Dedicated Hybrid Transmission). Masih menurut mereka, transmisi ini memiliki teknologi canggih untuk menghantarkan daya secara halus, berdasarkan input dari penggerak. Terserah apakah sedang berkendara kencang atau pelan.

Varian Wuling Asta HEV

Asta HEV dipasarkan dalam dua varian yaitu Electric Power dan Electric Speed. Bedanya? Tidak disebutkan, tapi dikatakan ada yang dikalibrasi untuk masing-masing varian. Yang jelas, Wuling berani menyatakan kalau SUV hybrid ini punya jarak tempuh 1.100 km dengan sekali isi full tank. Hebat juga.

Baca juga :  BAIC, Satu Lagi Pabrikan RRC Yang Akan Hadir di Indonesia

Sayang, dari eksterior tidak ada bedanya dengan Wuling Asta biasa yang telah lebih dulu meluncur setahun lalu. Yang membedakan adalah tambahan warna khusus untuk Asta HEV. Namanya Polar Ice Blue. Interiornya dibalut warna Glacier White dengan permukaan jok bertekstur berlian. Keunikan lain adalah hadirnya tuas transmisi berbungkus semacam kristal.

Fitur kenyamanan yang ada antara lain layar multimedia 10,25 inci dengan kemampuan koneksi yang berbasis Ling OS, buatan mereka sendiri. Hadir juga kamera pantau 360 dan panoramic sunroof. Tapi yang terakhir itu sifatnya opsional.

Berapa harganya? Di China, Wuling Asta HEV Electric Power dihargai US $14.530 atau Rp 215 jutaan (nilai tukar 31/08/2022). Versi Electric Speed setara Rp Rp 237 jutaan.

Nah, satu hal yang menarik adalah, Wuling kemungkinan akan membawa mobil ini ke Indonesia. Entah Asta versi konvensional atau HEV. Kita tunggu saja.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x