Wuling Gandeng Gotion Hi-Tech Untuk Produksi Baterai EV Versi Lokal

2 May 2023 | 5:54 pm | Rizky Dermawan

Wuling Motors (Wuling) terus kembangkan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai di Tanah Air. Hal ini dilakukan dari hulu ke hilir lewat lokalisasi baterai dan penandatanganan nota kesepahaman investasi proyek baru KBLBB (Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai) Wuling di Indonesia.

Digelar di Wuling Center, seremoni simbolis berupa handover baterai mobil listrik produksi lokal. Tentunya juga dengan penandatanganan nota kesepahaman investasi proyek baru KBLBB. Penandatanganan dilakukan antara PT SGMW Motor Indonesia dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia.

“Ini merupakan tonggak baru perjalanan Wuling dalam rangka mendukung percepatan elektrifikasi kendaraan yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia,” jelas Shi Guoyong, Presiden Direktur Wuling Motors.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman serta penyerahan baterai mobil listrik buatan Indonesia, hasil kerjasama dengan Gotion Hi-Tech menjadi komitmen nyata Wuling. Utamanya dalam mengembangkan ekosistem dan industri kendaraan listrik berbasis baterai dari hulu hingga hilir.

Baterai Produksi Lokal

Lokalisasi produksi baterai merupakan wujud kerja sama antara Wuling dan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia (Gotion Hi-Tech). Resmi berjalan November 2022 lalu. Gotion Hi-Tech merupakan perusahaan global yang berinvestasi untuk bidang pembuatan baterai kendaraan listrik. Melalui kemitraan ini, Wuling mengklaim siap memproduksi kendaraan listrik lokal berkualitas secepatnya.

Prosesi Penandatanganan Nota Kesepahaman Investasi Proyek Baru KBLBB ini dilakukan oleh Shi Guoyong dan Septian Hario Seto, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan, Kemenko Marves Indonesia.

Baca juga :  Chery Kolaborasi Bareng DHL Supply Chain Untuk Distribusi Onderdil

 

“Indonesia merupakan pasar otomotif terbesar di ASEAN. Dan bisa menjadi hub produksi untuk wilayah yang lebih luas. Seperti ASEAN, Australia, bahkan Afrika. Melihat EV growth yang sangat besar di Indonesia, Wuling berpotensi masuk di market kendaraan listrik yang masih baru dan pilihan masih sedikit,” ungkap Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Selain prosesi ini, Wuling juga secara simbolis menyerahkan 50 unit Air ev untuk mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo yang berlangsung di bulan Mei 2023. Serah terima secara simbolis ini dilakukan oleh Presiden Direktur Wuling Motors, Shi Guoyong kepada Kementerian Sekretariat Negara yang diwakili oleh Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama.

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x